Usai Gagal di Era Trump, Pentagon Terus Cemaskan Nuklir Korut karena...

Usai Gagal di Era Trump, Pentagon Terus Cemaskan Nuklir Korut karena... Kredit Foto: Reuters/Pierre Albouy

Pentagon menyatakan kekhawatirannya tentang laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menunjukkan kemungkinan pemrosesan ulang bahan bakar nuklir untuk bom oleh Korea Utara (Korut).

Pentagon menganggap kegiatan semacam itu dapat meningkatkan ketegangan dengan Pyongyang.

Baca Juga: Bukan Iran Maupun Korut, Negara Inilah yang Sedang Bangun Fasilitas Nuklir Terbesar di Dunia

Kepala Intelijen untuk Komando Indo-Pasifik AS Laksamana Muda Michael Studeman mengatakan aktivitas Korea Utara yang disorot pekan ini oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA) dapat dimaksudkan untuk mendapatkan perhatian pemerintahan Presiden AS Joe Biden dan sebagai alat tawar-menawar untuk menekan terkait keringanan sanksi.

Pemerintah AS saat ini sedang meninjau kebijakan AS dan Korea Utara.

“Kami mengawasi ini. Dan sangat memperhatikan ke mana Korea Utara ingin pergi,” ujar Studeman dalam acara virtual tentang teknologi dan keamanan.

Dalam pernyataan kepada Dewan Gubernur IAEA pada Senin, Direktur Jenderal IAEA Rafael Mariano Grossi merujuk pada aktivitas di fasilitas nuklir Yongbyong dan Kangson Korea Utara.

Dia mengatakan, baru-baru ini ada indikasi beroperasinya pembangkit listrik tenaga uap yang melayani laboratorium radiokimia.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini