2 Perusahaan Raksasa Jepang Merger, Fokus ke 4 Bisnis Baru Ini

2 Perusahaan Raksasa Jepang Merger, Fokus ke 4 Bisnis Baru Ini Kredit Foto: Reuters/Toru Hanai

LINE Corporation mengumumkan rampungnya proses integrasi bisnis dengan anak usaha SoftBank Corp, Z Holdings Corporation (ZHD). Apa hasilnya?

Proses integrasi bisnis akan berlangsung melalui pembagian saham efektif dalam Perjanjian bursa Saham dan kesepakatan antara ZHD dan LINE Demerger Praparatory Company pada 31 Januari 2020 sebagai bagian perjanjian terkait bisnis integrasi.

ZHD Group tak hanya akan fokus pada Yahoo Japan Corporation dan area bisnis utama LINE, yakni: pencarian, periklanan, perpesanan. "Kami akan menerapkan teknologi data dan AI pada setiap area tersebut untuk lebih memudahkan dan memberikan kenyamanan lebih bagi para pengguna, pelanggan, dan masyarakat," jelas perusahaan dalam keterangan resminya, dilansir Rabu (3/3/2021).

Baca Juga: Komisi Sekuritas Negara Ini Kena Amuk Publik Gegara Aturan Cryptocurrency

Baca Juga: Mau Tarik Modal Asing, Kemenkeu Negara Ini Berpeluang Kenakan Pajak ke Cryptocurrency

Kedua perusahaan itu juga akan menetapkan 4 fokus area bisnis baru, yakni:

1. E-commerce

  • Perdagangan sosial

ZHD Group dan LINE akan menghadirkan sejumlah fitur baru, yakni: Social Gift (mengirim hadiah kepada teman di LINE); Team Purchase (diskon pembelian jumlah banyak); X (Cross) Shopping (informasi produk dari toko secara daring dan luring); dan My Price Iniative (fungsi penetapan harga dinamis di masa depan).

  • Memberi solusi e-commerce lewat Smart Store Project

"Kami berencana meluncurkan Smart Store Project pada paruh pertama 2021 dengan memanfaatkan pengetahuan NAVER di EC," kata perusahaan.

Target layanan itu ialah operator bisnis, termasuk alat pembuatan situs, pengoperasian, dan analisis situs web, layanan pelanggan, dan informasi seputar jumlah pengunjung, serta data penunjang lain.

2. Local Vertical

Solusi pendukung transformasi bisnis digital melalui AI, seperti akomodasi dan reservasi restoran. Di dunia periklanan, ZHD juga akan menyediakan solusi pemasaran baru lewat kolaborasi dengan Yahoo! Japan, LINE, dan PayPay.

3. Fintech

"Mulai akhir April 2021, pengguna LINE Pay akan dapat melakukan pemayaran di lebih dari 3 juta pedagang PayPay di seluruh Jepang," jelas ZHD.

4. Public Services

Perusahaan juga akan fokus pada transformasi digital layanan publik, pencegahan bencana, kesehatan, dan upaya mengatasi tantangan sosial melalui kerja sama publik-swasta. Salah satunya, menyediakan layanan telemedis melalui LINE Doctor.

"Kami bertujuan memulai panduan pengobatan online pada akhir 2021 dan akan berupaya menjadikan LINE Doctor nomor 1 di Jepang," ujar perusahaan.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini