Kisah Sukses Founder Baba Rafi, dari Bisnis Kecil hingga Miliki Ribuan Outlet sampai ke Luar Negeri

Kisah Sukses Founder Baba Rafi, dari Bisnis Kecil hingga Miliki Ribuan Outlet sampai ke Luar Negeri Kredit Foto: YouTube/Christina Lie

Nilam Sari adalah pendiri dan CEO dari Kebab Baba Rafi. Saat ini Kebab Baba Rafi sudah berdiri lebih dari 1400 outlet, bahkan sampai ke 9 negara. Bersama Christina Lie, pendiri 101RED dalam vide YouTube bertajuk "DARI HUTANG 14 MILIAR KINI PUNYA 1400 OUTLET KEBAB!", Nilam Sari menceritakan perjalanan bisnisnya.

Saat memulai Baba Rafi, Nilam bercerita mengeluarkan modal Rp4 juta yang hari ini senilai Rp10 juta. Nilam tak memiliki background di bidang kuliner, ia bahkan lulusan Jurusan Komunikasi di Universitas Airlangga, tetapi bisnisnya justru sukses besar hingga sekarang.

Baca Juga: Modal Rp900 Ribu Jadi Cuan Rp1,4 Miliar, Ini Rahasia Arli Kurnia Berbisnis Tanpa Utang!

Awal berbisnis, Nilam bercerita bahwa memang kebutuhan ekonomi. Nilam pun memulai bisnis yang terinspirasi dari teman yang memiliki bisnis gerobakan. Dengan modal Rp4 juta, akhirnya benar-benar Nilam wujudkan bisnis gerobak yang awalnya berjualan Burger yang sukses besar hingga memiliki 6 gerobak dalam waktu satu tahun.

Hingga suatu hari, muncullah kompetitor yang berjualan Burger dan Hotdog. Akhirnya, bisnis Nilam kalah dan tutup.

Nilam pun mengungkap bahwa berjualan di pinggir jalan justru tidak baik karena akan berurusan dengan Satpol PP. Karena itu, Nilam berkata lebih baik sewa tempat. Permasalahan selanjutnya dari bisnis gerobakan adalah berurusan dengan preman hingga karyawan yang cepat resign.

Nilam hanya mengungkap bahwa itulah risiko pengusaha sehingga ia pun tegar menghadapi hingga sukses sampai hari ini.

"Jalani aja, happy aja," tandas Nilam.

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini