Buka-bukaan Erick Thohir Soal Alasan Merger BRI, PNM, dan Pegadaian

Buka-bukaan Erick Thohir Soal Alasan Merger BRI, PNM, dan Pegadaian Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Menteri BUMN, Erick Thohir segera menggabungkan 3 perusahan negara yang memiliki pasar di segmen UMKM. Tiga perusahaan tersebut yakni Bank BRI, PT PNM (Persero) dan PT Pegadaian (Persero). Tujuannya untuk mendorong bisnis pelaku UMKM di Indonesia

"Ini kenapa kami akan melakukan sinkronisasi dan merger BRI, PNM dan Pegadaian," kata Erick dalam Webinar Investor Forum 2021, Rabu (3/3/2021).

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir: Sinergi BRI, PNM dan Pegadaian Bakal Ciptakan Pebisnis Baru

Erick membeberkan, BRI memang memiliki fokus untuk memberikan pembiayaan kepada pelaku usaha UMKM. Pun dengan PNM yang mayoritas nasabahnya pelaku usaha ultra mikro. Sementara Pegadaian merupakan perusahaan negara yang bergerak mengelola utang.

"Pegadaian ini bisnis bond kita dan PNM ini bisnis segmennya memang ultra mikro," kata Erick.

Sehingga penggabungan tiga perusahaan tersebut diharapkan bisa menaik kelaskan pelaku usaha UMKM. Dari pelaku usaha ultra mikro menjadi pelaku usaha UMKM dan dari pelaku usaha UMKM menjadi pelaku UKM.

"Jadi harapannya ini akan menciptakan pebisnis perempuan dan pebisnis laki-laki baru yang naik kelas," katanya

Mantan bos Inter Milan itu mengatakan, ini sangat penting dipersiapkan untuk menghadapi masa setelah pandemi Covid-19. "Ini sangat penting apalagi setelah bangkit dari pandemi Covid-19," kata Erick.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini