Jokowi Diberi Hadiah Masjid oleh Pangeran Abu Dhabi, Mas Gibran yang Meneruskan

Jokowi Diberi Hadiah Masjid oleh Pangeran Abu Dhabi, Mas Gibran yang Meneruskan Kredit Foto: Antara/Setpres/Kris

Pemerintah Kota Surakarta segera memulai pembangunan masjid yang merupakan hadiah dari pangeran Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Nahyan untuk Presiden Joko Widodo.

"Nanti tunggu hari Sabtu, groundbreaking (peletakan batu pertama) masjid," Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Solo, Rabu.

Salah satu persiapan yang dilakukannya adalah meninjau lahan seluas 2,9 hektar di tanah bekas depo Pertamina yang ada di kawasan Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo. Ia mengatakan nantinya masjid tersebut akan menyerupai desain Grand Mosque yang ada di Abu Dhabi, UEA.

"Tadi sudah kelihatan gambarnya (desain)," katanya.

Selain memastikan lahan yang akan digunakan untuk membangun masjid, pihaknya juga mempersiapkan lahan lain yang akan digunakan sebagai Islamic Center atau pusat kegiatan Islam.

"Kalau tidak salah mereka menginginkan lahan lagi sekitar 2-3 hektar untuk Islamic Center. Kami arahkan ke dekat kampus UNS (Universitas Sebelas Maret). Saya sudah survei," katanya.

Sebelumnya, utusan Dubes RI untuk UEA Setyo Wisnu Broto mengatakan masjid tersebut merupakan pemberian Pangeran Abu Dhabi kepada Presiden Joko Widodo atas rasa hormatnya terhadap karakter Jokowi.

"Biaya pembangunan sepenuhnya ditanggung oleh Pangeran Abu Dhabi," katanya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini