13 Tahun Investasi Mobil Listrik China, Warren Buffett Kini Ketiban Durian Runtuh!

13 Tahun Investasi Mobil Listrik China, Warren Buffett Kini Ketiban Durian Runtuh! Kredit Foto: Investors

Miliarder investor Warren Buffett baru-baru ini merilis laporan pendapatan perusahaannya, Berkshire Hathaway Inc. Sekali lagi Buffett membuktikan kehebatannya sebagai investor yang berhasil mencetak untung besar.

Pria 90 tahun yang dijuluki 'Penyihir dari Omaha' ini memetik hasil yang luar biasa setelah 13 tahun berinvestasi di perusahaan mobil listrik China yang saat itu tidak dikenal bernama BYD.

Meski demikian, perusahaan Buffett tetap terkena dampak dari pandemi Covid-19. Tetapi keberhasilan dalam investasi mobil listrik asal China ini juga tak bisa dipungkiri.

Baca Juga: Warren Buffett Akui Lakukan Kesalahan, Berkshire Hathaway Rugi Rp157 Triliun!

Dilansir dari Fortune di Jakarta, Kamis (4/3/21) tiga belas tahun yang lalu, atas saran dari rekan sejawatnya Charlie Munger, Buffett berinvestasi sebesar USD232 juta di perusahaan mobil listrik China yang tidak terkenal, BYD.

Pada tahun 2009, saat wawancara bersama Fortune, Munger bercerita bahwa dia terpesona oleh visi pendiri BYD yang merupakan seorang ahli kimia yang berubah menjadi wirausaha bernama Wang Chuanfu. Wang telah membangun salah satu produsen baterai ponsel isi ulang terbesar di dunia sebelum beralih ke sektor otomotif .

"Orang ini adalah kombinasi dari Thomas Edison dan Jack Welch — sesuatu seperti Edison dalam memecahkan masalah teknis, dan sesuatu seperti Welch dalam menyelesaikan apa yang perlu dia lakukan," kata Munger tentang Wang. "Saya belum pernah melihat yang seperti ini."

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini