Jet Tempur F-35B Mendarat Perdana di Atas Kapal Induk Italia, Apa Tujuannya?

Jet Tempur F-35B Mendarat Perdana di Atas Kapal Induk Italia, Apa Tujuannya? Kredit Foto: U.S. Air Force/Nial Bradshaw/Handout via Reuters

Dua jet tempur F35B besutan Amerika Serikat (AS) mendarat di atas kapal induk Italia ITS Cavour, di lepas Pantai Timur Amerika, pada Senin lalu. Dua pesawat tempur itu dilengkapi dengan instrumen khusus dari Skuadron Uji dan Evaluasi Udara 23 (VX-23) di Naval Air Station Patuxent River (NAS Pax River), Maryland, AS.

Kapal utama Angkatan Laut Italia itu telah meninggalkan Naval Station Norfolk (Virginia) pada 28 Februari, dalam persiapan uji coba laut selama empat minggu.

Baca Juga: Boeing Loyal Wingman, Jet Tempur Nirawak yang Sukses Diuji Coba Australia

Selama uji coba laut, F-35 Patuxent River Integrated Test Force (ITF) akan memverifikasi kompatibilitas antara pesawat tempur generasi ke-5 dan kapal induk Cavour ITS. Uji coba juga merupakan langkah penting untuk menyatakan Kemampuan Operasi Awal (IOC) F-35B di Angkatan Laut Italia, yang diharapkan pada tahun 2024.

Pendaratan F-35B di atas kapal ITS Cavour merupakan tonggak penting bagi Angkatan Laut Italia, karena bersiap untuk mengoperasikan generasi ke-5 jet siluman itu dari kapal induk.

"Merupakan pencapaian luar biasa bagi kita semua, hari ini, untuk melihat pesawat tempur generasi kelima di dek penerbangan kita," kata Perwira Komando Cavour ITS Kapten Giancarlo Ciappina dalam rilis Departemen Pertahanan AS.

"Ini mewakili, sesungguhnya, kesuksesan yang luar biasa tetapi, pada saat yang sama, merupakan tantangan baru bagi masa depan Penerbangan Angkatan Laut Italia," imbuhnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini