Benarkah Vaksin Sinovac cs Tak Mampu Lumpuhkan Varian Baru Corona B117?

Benarkah Vaksin Sinovac cs Tak Mampu Lumpuhkan Varian Baru Corona B117? Kredit Foto: Antara/REUTERS/Gonzalo Fuentes

Ketua Kelompok Kerja Genetik Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM dr Gunadi meminta masyarakat tidak khawatir berlebihan dengan munculnya varian baru virus corona, B117 .

Menurut FKKMK UGM, tidak tidak ada laporan soal hubungan antara varian Inggris ini dengan derajat keparahan pasien COVID-19.

"Riset awal bulan Desember menyatakan tidak ada hubungan antara varian Inggris ini dengan derajat keparahan pasien COVID-19. Riset terbaru menunjukkan bahwa varian ini meningkatkan risiko derajat berat pasien. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi," kata Gunadi melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Kamis.

Mengenai adanya isu yang menyebutkan bahwa varian baru tersebut kebal dari vaksin, menurut Gunadi, isu tersebut tidak benar. Sebab, data riset menunjukkan varian ini tidak berpengaruh secara signifikan terhadap efikasi vaksin.

"Info itu tidak benar, data riset menunjukkan bahwa varian ini tidak berpengaruh secara signifikan terhadap efikasi vaksin yang sudah beredar, Pfizer, Moderna, AstraZeneca, maupun Sinovac," kata dia.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini