Apa sih Maksud Presiden Jokowi Ngomong Benci Produk Luar Negeri?

Apa sih Maksud Presiden Jokowi Ngomong Benci Produk Luar Negeri? Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Presiden Joko Widodo meminta seluruh pemangku kepentingan untuk mengkampanyekan cinta produk Indonesia. Selain itu, Jokowi dengan berani menggaungkan benci produk asing.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengartikan pernyataan yang disampaikan oleh Jokowi itu untuk mempersiapkan produk dalam negeri.

"Kalau dalam kacamata Kementerian Perindustrian yang disampaikan oleh Bapak Presiden adalah perintah siapkan produksi dalam negeri," kata Agus dalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021 secara virtual, Kamis (4/3/2021).

Baca Juga: Coba Dengar! Seruan Presiden Jokowi: Yuk, Benci Produk-Produk Luar Negeri!

Untuk mencapai tujuan itu, kata Agus, semua instrumen kebijakan harus mengarah ke situ. Agus pun mengungkapkan salah satu keberhasilan dalam meningkatkan produksi dalam negeri dan menekan importasi di industri logam.

"Salah satu sektor yang kami berhasil tangani adalah logam. Importasinya turun tapi di sisi yang lain kesiapan industri dalam negerinya untuk mengisi produk-produk yang biasanya diimportasi, itu bisa siap," terangnya.

Saat ini, berdasarkan data Kemenperin, rata-rata utilisasi industri logam sudah tinggi, yaitu sebesar 70 persen. Dengan begitu diharapkan bisa mengurangi ketergantungan impor.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini