Apa Itu Investasi Keuangan?

Apa Itu Investasi Keuangan? Kredit Foto: Ist

Investasi keuangan adalah aset tempat memasukkan uang dengan harapan akan tumbuh atau menjadi jumlah uang yang lebih besar. Nantinya, investor dapat menjualnya dengan harga yang lebih tinggi atau mendapatkan uang dari saat aset itu dimiliki.

Jangka waktu yang dimiliki sering kali menjadi hal utama yang perlu dipertimbangkan saat melakukan investasi finansial. Semakin banyak waktu yang dimiliki, semakin banyak risiko yang biasanya dapat diambil. Semakin banyak risiko yang diambil, semakin besar potensi untuk menghasilkan lebih banyak uang.

Baca Juga: Apa Itu Investasi?

Penting untuk dicatat bahwa ada juga definisi ekonomi dari investasi keuangan yang berkaitan dengan bagaimana bisnis berinvestasi dalam produk, peralatan, pabrik, karyawan, dan inventaris.

Istilah dalam Investasi Keuangan

1. Apresiasi

Apresiasi adalah jumlah investasi yang tumbuh nilainya. Misalnya, Anda membeli satu bagian saham seharga Rp100 ribu, dan setahun kemudian harganya Rp150 ribu; saham telah mengapresiasi Rp50 ribu.

2. Dividen

Dividen biasanya pembayaran tunai yang dibayarkan pada investasi keuangan berdasarkan kesuksesan dan pendapatan perusahaan. Misalnya, Anda berinvestasi di saham Microsoft, dan mereka Anda dividen sebesar Rp50 ribu per saham. Jika Anda memiliki 500 saham, Anda akan dibayar Rp25 juta.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini