Jasa Marga Tawarkan 9 Ruas Tol ke Lembaga Pengelola Investasi

Jasa Marga Tawarkan 9 Ruas Tol ke Lembaga Pengelola Investasi Kredit Foto: Bambang Ismoyo

Direktur Keuangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk Donny Arsal mengatakan bahwa Jasa Marga telah menyiapkan beberapa ruas jalan tol yang akan ditawarkan kepada Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia Investment Authority (INA) atau dikenal Lembaga Pengelola Investasi (LPI)

Donny mengatakan, LPI akan mendukung operasional serta meningkatkan kinerja perusahaan melalui suntikan dana dari investor.

Baca Juga: Bos Jasa Marga Bongkar Pengaruh SWF ke Perushaan, Begini Katanya!

"Jadi ini kami sampaikan ini hanya sebagai aset awal. Kita buka untuk investor untuk berinvestasi," kata Donny dalam acara Zoomba Forum Wartawan BUMN, Senin (8/3/2021).

Ada pun ruas yang dimaksud yaitu, Medan-Kualanamu-Bukit Tinggi, Jakarta-Cikampek II Elevated (yang sudah beroperasi komersial), Semarang-Batang, Gempol-Pandaan, Pandaan-Malang, Gempol-Pasuruan, Balikpapan-Samarinda, Manado-Bitung dan Bali-Mandara.

Donny menuturkan, soal pendanaan, tentu akan bergantung dari pilihan investor itu sendiri. Yang jelas, pihaknya telah melakukan persiapan dalam menyambut potensi transaksi melalui LPI tersebut.

"Dari Kementerian BUMN sendiri sudah membentuk tim klaster sektoral, ada airport, seaport, jalan tol. Untuk jalan tol sudah dibentuk project management office (PMO) untuk mempersiapkan aset dan meng-hire konsultan," tuturnya.

Selain itu pihaknya juga melakukan koordinasi dengan pengelola jalan tol lain seperti Waskita Karya dan Hutama Karya.

"Kita kerja sama sehingga persiapan aset ini bisa segera memasuki tahap negosiasi dan lainnya. Kita siapkan aset ini ready dalam bentuk investment book sehingga transaksi bisa dilakukan dalam waktu yang cukup singkat," tutur Donny.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini