Anies Baswedan Tak Gengsi Minta Tolong Menko Luhut Urus Banjir

Anies Baswedan Tak Gengsi Minta Tolong Menko Luhut Urus Banjir Kredit Foto: Instagram Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah banyak mengeluarkan “jurus” untuk mengatasi banjir di Ibu Kota. Namun, si banjir ini belum benar-benar mati. Demi mengatasi masalah ini, dia pun tak gengsi datang ke Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, untuk meminta tolong.

Kedatangan Anies disampaikan Luhut di akun Instagram @luhut.pandjaitan, Rabu (10/3/2021). Ada dua foto yang diunggah Luhut. Dalam foto itu, keduanya kompak mengenakan kemeja putih. Senyum lebar merekah di wajah keduanya. 

Baca Juga: Anies Baswedan Punya Rencana Besar untuk Pasar Senen, Katanya...

Dalam keterangan fotonya, Luhut mengungkapkan, Anies adalah Gubernur terakhir dari Pulau Jawa yang ia temui. Sebelumnya, Luhut bertukar pikiran dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Banten Wahidin Halim, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. 

Anies tiba di kantor Luhut sekitar pukul 9 pagi. Di awal obrolan, Anies langsung menyampaikan keinginannya. "Pak Luhut, I come to you with menu of problem (saya datang dengan membawa menu masalah)," tulis Luhut, menirukan omongan Anies, saat menemuinya. 

Luhut bilang, tak masalah. Eks Kepala Staf Kepresidenan itu mengatakan, semua masalah bisa dicarikan solusinya. "Asal harus terintegrasi," imbuhnya. 

Dalam pertemuan itu, keduanya membahas berbagai persoalan ibu kota. Ada tiga hal yang disampaikan Anies, yaitu pengendalian banjir, pengembangan transportasi, dan pengembangan pariwisata. 

Soal banjir, Luhut menjelaskan, ada tiga masalah. Yaitu rob yang datang dari laut, tanggul yang ada di daratan Ibu Kota, dan sungai yang mengalir dari daerah hulu. Karena itu, perlu ada pengendalian di hulu, aktivasi rumah pompa, dan drainase harus berfungsi dengan baik.  

Tak kalah penting, penanganan sampah dan limbah yang dilakukan secara tepat. 

"Jika semua hal ini dilakukan secara beriringan, saya kira banjir di Jakarta bisa kita atasi," kata Luhut. 

Anies membenarkan adanya pertemuan dengan Luhut. Dia bilang, memang cukup sering berdiskusi dengan Luhut. Kadang lewat telepon, lewat video conference, juga sering bertemu langsung.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini