Hanya Muncul Satu Kali Usai Menghilang, Perjalanan Jack Ma Lewat Jet Pribadinya Terungkap!

Hanya Muncul Satu Kali Usai Menghilang, Perjalanan Jack Ma Lewat Jet Pribadinya Terungkap! Kredit Foto: Fortune

Pendiri Alibaba, Jack Ma hanya tampil satu kali di depan umum sejak mengecewakan pemerintah China Oktober lalu. Sebagaimana diketahui, Ma dalam pidatonya menyebabkan penangguhan rekor penawaran umum perdana senilai USD37 miliar dari Ant Group.

Setelah itu, Jack Ma pun menghilang. Namun, Financial Times telah memperoleh rincian penerbangan jet pribadinya, yang menunjukkan bahwa miliarder China berusia 56 tahun itu masih beraktivitas.

Dilansir dariĀ Financial TimesĀ di Jakarta, Jumat (12/3/21) catatan penerbangan yang dikumpulkan dengan data dari Radarbox menghilangkan desas-desus bahwa dia telah melarikan diri dari China ke Singapura atau menjadi tahanan rumah.

Baca Juga: Makin Ruwet! Pemerintah China Pertimbangkan Denda Rp14 Triliun ke Raksasa e-Commerce Jack Ma

Sebaliknya, Ma memiliki akses ke jet Gulfstream-nya, yang memiliki jangkauan sejauh New York atau London. Gulfstream Jack Ma pun terletak di terminal pribadi di Hangzhou, markas besar perusahaan yang dia dirikan, Alibaba dan Ant Group. Jet yang diidentifikasi oleh FT ini memiliki jadwal perjalanan yang sesuai dalam tiga bulan sebelum dia mengalami masalah dengan pihak berwenang.

Catatan penerbangan menunjukkan perlambatan dramatis dalam jadwal sibuk Ma setelah dia mulai 'istirahat'. Sebelum Oktober, Ma bepergian rata-rata tiga hari sekali. Pada bulan Januari dan Februari dia hanya bepergian sekitar sekali seminggu, terutama ke Beijing dan ke resor pulau tropis Hainan, di mana Bloomberg melaporkan telah terlihat bermain golf.

Namun demikian, ketika regulator China ingin membicarakan Ant, Ma terbang ke Beijing. Hal yang tak aneh karena Ma adalah pemegang saham pengendali grup pembayaran tetapi tidak memegang posisi formal.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini