Lawan 51% Serangan Ethereum, Pengembang Ini Usulkan Strategi ....

Lawan 51% Serangan Ethereum, Pengembang Ini Usulkan Strategi .... Kredit Foto: Unsplash/Nick Chong

Pengembang Ethereum, Vitalik Buterin mengusulkan perubahan jaringan ke EIP-1559 guna memerangi kenaikan biaya transaksi jaringan. Kabarnya, jaringan baru itu akan berlaku pada Juli 2021.

Melansir Cointelegraph, Senin (15/3/2021), langkah itu akan mengirimkan sebagian dari biaya transaksi ke jaringan Ethereum. Kemudian, Ether dengan alokasi baru itu akan dibakar; mengurangi jumlah koin yang beredar.

"Perubahan juga akan mengurangi jumlah hadiah yang diberikan kepada penambang jaringan, menyebabkan sejumlah orang memprotes langkah tersebut," begitu bunyi laporan itu.

Baca Juga: Bitcoin 'Lelah' Habis Cetak Rekor Tertinggi, Kini 'Istirahat' di Harga Rp867 Jutaan

Baca Juga: Lagi-Lagi, Tweet Miliarder Elon Musk Dorong Naik Harga Koin Digital ke Rekor Tertinggi

Sejumlah grup vokal mengadvokasi pengambilalihan jaringan secara demonstratif; langkah yang berisiko mengancam keamanan jaringan. Namun, mereka tak berniat menggulingkan Ethereum, hanya ingin menunjukkan kelayakan.

Buterin dan pengembang Ethereum lain menanggapi rencana itu dengan upaya defensif. "Tujuan usulan ini adalah mendeskripsikan mekanisme di mana penggabungan dapat terjadi dengan cepat, dengan sedikit modifikasi--baik pada klien ethpow atau beacon," jelasnya.

Pada dasarnya, usulan perubahan jaringan itu akan mentransisikan jaringan ke Ethereum 2.0 lebih cepat dari rencana awal.

"Seperti jarum jam, komunitas Ethereum dengan cepat mengatur solusi potensial untuk risiko serangan 51%, dengan Buterin memimpin dakwaannya.

Ethereum 2.0 merupakan upaya penskalaan yang tampaknya mengubah jaringan dari bukti kerja (PoW) ke bukti kepemilikan (PoS), konsensus penambangan--upaya yang telah berlangsung bertahun-tahun.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini