Bank BJB Bukukan Laba Bersih Rp.1,7 Triliun di 2020

Bank BJB Bukukan Laba Bersih Rp.1,7 Triliun di 2020 Kredit Foto: Medium

Kinerja PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk atau Bank BJB masih mencatatkan kinerja positif di tengah perlambatan ekonomi oleh pandemi Covid-19. Hal tersebut dibuktikan dengan raihan laba bersih sebesar Rp1,7 triliun selama  2020.

Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi mengatakan capaian positif tersebut diikuti penambahan nilai aset yang tercatat sebesar Rp.140,9 triliun atau tumbuh sebesar 14,1% year on year (yoy). Sektor kredit tumbuh 9,1% (yoy) menjadi Rp95,2 triliun.

Baca Juga: Perkuat Modal, Bank Muamalat Fokus Tuntaskan Aksi Korporasi

Yuddy mengatakan pertumbuhan kredit tersebut berhasil dicapai akibat kualitas kredit yang diberikan dapat dijaga, di mana angka kredit macet dan bermasalah (Non Performing Loan) juga berhasil ditekan pada kisaran 1,4% yang juga di bawah rata-rata industri perbankan nasional yang tercatat 3,06% (per Desember).

Menurut dia, dalam upaya penghimpunan dana, tercatat Dana Pihak Ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun perseroan bertumbuh sebesar 19,1% (yoy) menjadi sebesar Rp106,5 triliun. Yuddy mengatakan capaian positif ini diperoleh berkat bisnis model bank yang resilient dan kemampuan adaptasi perusahaan yang agile sehingga kinerja perseroan senantiasa berada di dalam jalur yang sesuai harapan.

“Tahun 2020 adalah momen yang penuh dengan tantangan di seluruh lini kehidupan. Krisis kesehatan dan ekonomi memberikan tekanan yang sangat besar kepada industri perbankan nasional,”jelasnya.

Ia menuturkan, berbagai inovasi teknologi juga dilakukan guna merespon kebutuhan pasar sekaligus memberikan kemudahan kepada nasabah di era yang serba cepat. “Kami berhasil menelurkan sejumlah inovasi layanan digital perbankan yang memberikan kemudahan kepada nasabah dalam mengakses layanan bank,” pungkasnya.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini