Sukses Tekan Kasus Positif, PPKM Mikro Dapat Jadi Contoh Untuk Negara Lain

Sukses Tekan Kasus Positif, PPKM Mikro Dapat Jadi Contoh Untuk Negara Lain Kredit Foto: Antara/Fauzan

Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander K Ginting mengatakan bahwa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro dapat menjadi contoh bagi negara lain.

"Ini mungkin bisa disampaikan kepada negara sahabat bagaimana cara menghentikan penularan di daerah padat penduduk," katanya dalam siaran virtual BNPB, Senin (15/3/2021).

Baca Juga: PPKM Mikro Tekan Kasus Positif, Keterisian RS Covid-19 Menurun

Ia menambahkan bahwa angka kasus positf masih berada di angka yang cukup tinggi yakni 130 ribu. Meski begitu penerapan PPKM Mikro sendiri sudah mampu mengurangi beban di hulu.

Beban tersebut berkurang dilihat dari kapasitas keterisian Rumah Sakit rujukan untuk Covid-19. Alexander menerangkan, BOR (Bed Occupancy Rate) atau tingkat keterisian ranjang rumah sakit Covid-19 untuk ICU sudah berada di bawah 60%.

Dua bulan terakhir, angka BOR berada di tingkat yang cukup tinggi. Keterisian yang penuh sendiri merupakan dampak dari libur Natal dan Tahun Baru.

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan bahwa dampak dari libur panjang selalu berujung ke angka kematian yang meningkat. 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini