Apa Itu Kartu Debit?

Apa Itu Kartu Debit? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel

Kartu debit adalah alat pembayatan sekaligus penarikan uang dari rekening pemilik yang dikeluarkan oleh bank. Kartu debit menghilangkan kebutuhan untuk membawa uang tunai dalam jumlah besar.

Tidak seperti kartu kredit, kartu debit tidak memungkinkan pengguna untuk berhutang, biasanya memiliki batas pembelian harian, yang berarti tidak mungkin melakukan pembelian yang sangat besar dengan kartu debit.

Kartu debit memiliki dua tujuan, yaitu: memungkinkan pengguna untuk menarik uang dari rekening baik melalui ATM atau adanya fungsi cash back yang ditawarkan pedagang atas penjualan suatu barang. Selain itu, mereka juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian.

Baca Juga: Apa Itu Kartel?

Namun, kartu ATM hanya memungkinkan pengguna untuk menarik uang dari ATM. Dan kartu kredit hanya memungkinkan pembelian, bukan penarikan tunai, kecuali pemegang kartu kredit memiliki nomor identifikasi pribadi (PIN) dan mengaktifkan fitur penarikan tunai. Namun, penarikan tunai yang diambil dari kartu kredit akan menimbulkan bunga, tidak seperti penarikan tunai dari rekening giro dengan kartu debit.

Kartu debit tidak selalu memungkinkan Anda lepas dari biaya sepenuhnya: Jika Anda menarik uang tunai dari ATM yang tidak berafiliasi dengan bank yang menerbitkan kartu debit Anda, Anda mungkin dikenakan biaya.

Pembelian dengan kartu debit biasanya dapat dilakukan dengan atau tanpa PIN. Beberapa kartu debit menawarkan program hadiah, mirip dengan program hadiah kartu kredit, seperti pengembalian 1% untuk semua pembelian.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini