Startup Elon Musk Kalah Telak, Perusahaan Rintisan Ini Jadi Startup Paling Bernilai di AS!

Startup Elon Musk Kalah Telak, Perusahaan Rintisan Ini Jadi Startup Paling Bernilai di AS! Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel

Bukan SpaceX milik Elon Musk, perusahaan rintisan Stripe menjadi startup paling bernilai di Amerika Serikat (AS). Stripe adalah perusahaan pemroses pembayaran yang minggu lalu baru mendapatkan pendanaan baru sebesar USD600 juta (Rp8,6 triliun) dengan penilaian USD95 miliar (Rp1.365 triliun).

Dilansir dari CNN Business di Jakarta, Selasa (16/3/21) Stripe mengalahkan pendanaan baru bagi Instacart dan SpaceX Elon Musk yang bernilai USD74 miliar (Rp1.064 triliun). Meski demikian, TikTok dari Bytedance, masih mempertahankan gelar startup "unicorn" paling berharga di dunia dengan harga USD140 miliar (Rp2.013 triliun).

Stripe mendapat dorongan berkat lonjakan permintaan yang dipicu pandemi untuk perdagangan online dan seluler.

Baca Juga: Hati-hati Elon Musk! Mimpi Tinggal di Mars Sama Bahayanya dengan Tinggal di Kutub Selatan

Perusahaan yang bersaing dengan perusahaan seperti Square, PayPal ini pemrosesan transaksi yang menguntungkan, pihaknya mengatakan akan menggunakan uang dari peningkatan modal terbaru untuk berkembang lebih jauh di Eropa. Stripe memiliki dua kantor pusat di San Francisco dan Dublin.

Eropa adalah wilayah utama untuk Stripe yang memiliki 31 tempat beroperasi dari 42 negara.. Di antara pelanggan terkenal Eropa adalah Axel Springer, Jaguar Land Rover, Maersk, Deliveroo, dan Klarna.

"Kami berinvestasi satu ton lebih banyak di Eropa tahun ini, khususnya di Irlandia," kata presiden dan salah satu pendiri Stripe, John Collison. "Peluang pertumbuhan ekonomi digital Eropa sangat besar."

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini