Yoshihide Suga Terima Suntikan Perdana Vaksin Pfizer, Begini Katanya...

Yoshihide Suga Terima Suntikan Perdana Vaksin Pfizer, Begini Katanya... Kredit Foto: Antara/REUTERS/Yoshio Tsunoda

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga menerima suntikan pertama vaksin Pfizer-BioNTech pada hari ini, Selasa (16/3/2021), sebagai persiapan bertemu Presiden AS Joe Biden pada bulan depan.

Sekitar 80-90 pejabat Jepang yang akan mendampingi Suga, juga akan divaksinasi.

Baca Juga: Pemanfaatan Energi Panas Bumi Nomor 2 di Dunia, Indonesia Lebih Baik dari Jepang

Suga tercatat sebagai pejabat pertama di Negeri Sakura, yang vaksinasinya disaksikan secara luas. Ia juga menjadi pemimpin dunia pertama, yang bertemu langsung dengan Joe Biden, setelah ia dilantik menjadi Presiden AS pada Januari lalu.

Sebelum menjalani vaksinasi di lengan kirinya, mata dan tenggorokan Suga dicek dulu oleh dokter.

"Nggak sakit," ujarnya kepada wartawan, seperti dikutip Reuters, Selasa (16/3/2021).

Taro Kono, menteri yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan vaksinasi di Jepang, kini fokus mengarahkan program vaksinasi untuk tenaga medis dan lansia berusia 65 tahun ke atas.

Kono mengatakan, Kaisar Naruhito yang berulang tahun ke-61 pada 23 Februari lalu, harus bersabar menunggu giiran divaksin. Namun, kaisar Jepang ke-125 Akihito (1989-2019) dipastikan masuk kelompok awal penerima vaksin.

Pemerintahan Suga berjanji, akan mencukupi kebutuhan dosis vaksin untuk 126 juta warganya pada Juni 2021.

Sebelum Olimpiade Tokyo dimulai pada 23 Juli 2021. Suplai bahan baku dari pabrik Pfizer di Eropa, diharapkan bisa dikebut dalam bulan-bulan ini.

Pada Senin (15/3/2021) kemarin, Jepang telah memberikan vaksinasi dosis pertama kepada 290 ribu warganya

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini