Fraksi Partai Demokrat Ikrar Setia ke AHY, Sekjen Kubu Moeldoko Telak Sindir SBY

Fraksi Partai Demokrat Ikrar Setia ke AHY, Sekjen Kubu Moeldoko Telak Sindir SBY Kredit Foto: Antara

Sekjen Partai Demokrat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Deliserdang, Sumatera Utara, Jhoni Allen Marbun ikut berkomentar terkait ikrar setia kepada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang diucapkan Fraksi PD MPR/DPR di Tangga Gedung Nusantara Kompleks Parlemen, Senin (15/3/2021) kemarin.

Jhoni memilih menganalogikan ikrar setia layaknya hubungan timbal balik antara suami-istri. "(hubungan timbal balik) Itu sebenarnya bertanggung jawab, setia itu kepada negara pada institusi toh. Kalau kepada pimpinan hubungan timbal balik atas tujuan bersama," katanya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (16/3/2021).

Baca Juga: Jendral VS Jendral, Gatot Nurmantyo Langsung Tampar Moeldoko: Tak Cerminkan Kehormatan Prajurit

Selain itu, Jhoni juga menghubungkan kesetiaan itu layaknya antara presiden dan rakyat. Dalam konteks Partai Demokrat, menurutnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diibaratkan sebagai presiden yang menjalankan amanat rakyat sebagai majelis tinggi partai.

Sehingga, menurutnya, SBY juga harus patuh dan tunduk kepada amanat rakyat dan kontitusi partai dalam hal ini para kader Demokrat.

"Apabila itu tidak bertepatan diikrarkan, terjadi perdebatan. Nah supaya jelas AD/ART Pasal 17 kewenenangan majelis tinggi mengangkat memberhentikan hakim, hakim mahkamah partai dan sudah bertentangan dengan UU parpol nomor 2," katanya.

Untuk itu, Jhoni menilai majelis partai seharusnya independen dan tak berpihak kepada salah satu kubu. Sayangnya, majelis partai bersikap sebaliknya, yakni memihak salah satu kubu. "Tapi di rumahnya sendiri hasil kerja dia tabrak dan yang (merasa) memiliki UU, kan beliau saat (itu) presiden," ujarnya.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini