Semua Ada di Tangan Anies! Jual Saham Perusahaan Bir, Rezeki Nomplok Rp800 Miliar di Depan Mata!

Semua Ada di Tangan Anies! Jual Saham Perusahaan Bir, Rezeki Nomplok Rp800 Miliar di Depan Mata! Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Rencana Pemprov DKI Jakarta untuk menjual saham perusahaan bir, PT Delta Djakarta Tbk (DLTA), memasuki babak saling lempar bola panas. Realisasi janji kampanye Anies Baswedan untuk melepas kepemilikan saham Pemda DKI di Delta Djakarta itu pun hingga kini masih terganjal oleh restu DPRD DKI.

Bagaimanapun, keputusan untuk menjual atau tidak saham tersebut ada di tangan Anies Baswedan. Terlebih lagi, Anies memiliki hak diskresi yang memungkinkan pemimpin ibu kota itu mengeksekusi rencana tersebut. Namun, jika benar demikian, Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, menegaskan tak mau terlibat. Baca Juga: Gara-Gara The Fed, Banyak Mata Uang Tunduk Lawan Rupiah!

"Ya sudah jual (saham Delta). Kalau enggak ada kajiannya, saya enggak ikut-ikut. Silakan ini diskresi," tegasnya dalam bincang bersama Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BP BUMD Provinsi DKI Jakarta Riyadi yang diunggah di akun Youtube Akbar Faisal, dikutip pada Rabu (17/3/2021). Baca Juga: Kamis Manis, Harga Emas Antam Melonjak Drastis!

Asal tahu saja, Pemda DKI menjadi pemegang saham terbesar kedua dalam Delta Djakarta setelah San Miguel Malaydia. Melansir dari RTI, sampai dengan 28 Februari 2021 lalu, kepemilikan Pemda DKI dalam saham bersandi DLTA itu mencapai 26,35%. Persentase tersebut setara dengan 210.200.700 lembar saham Delta. 

Lantas, jika cita-cita Anies untuk melepas saham produsen miras itu terwujud, berapakah dana yang dikantongi dari hasil penjulan saham? Per hari ini, saham Delta bergerak ekspansif dengan apresiasi lebih dari 1% dan bertengger di kisaran Rp3.820 per saham. Jika mengacu ke harga tersebut, Pemda DKI kemungkinan akan mengantongi dana hingga Rp802,97 miliar.

Adapun pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Delta tahun lalu, Pemda DKI menerima dividen senilai Rp81,9 miliar, sedangkan secara keseluruhan dividen yang dibagi mencapai Rp312,25 miliar.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini