Dicurigai Himpun Data Sensitif, Mobil Tesla Diboikot dari Kompleks Militer di ....

Dicurigai Himpun Data Sensitif, Mobil Tesla Diboikot dari Kompleks Militer di .... Kredit Foto: Unsplash/ Jannis Lucas

China melarang mobil listrik Tesla dari kompleks militer karena kecemasan tentang pengumpulan data sensitif melalui kamera yang terintegrasi di kendaraan itu.

Mengutip Bloomberg, Jumat (19/3/2021), perintah itu berasal dari militer; memerintahkan pemilik Tesla memarkir mobil di luar kompleks militer.

"Larangan itu muncul karena kekhawatiran kalau Tesla mengumpulkan data sensitif melalui kamera bawaan mobil dengan cara yang tak dapat pemerintah China lihat dan kendalikan," jelas salah satu narasumber.

Baca Juga: Kabar Baik Buat Orang Tua, Facebook Lagi Buat Instagram untuk Anak-Anak!

Baca Juga: Tantang Dominasi TikTok, Youtube Boyong Layanan Video Pendek ke Negara ....

Gambar-gambar terkait notifikasi larangan itu juga beredar di media sosial China; sebagian perintah berbunyi: kamera multiarah dan sensor ultrasonik di mobil Tesla dapat 'mengekspos lokasi' sehingga kendaraan tak boleh masuk ke kompleks militer.

Perwakilan Tesla di China enggan mengomentari langkah militer. Kementerian Pertahanan China tak segera menanggapi faksimili yang mengandung pertanyaan soal kabar itu.

Tesla sendiri memang menyematkan sejumlah kamera kecil, khususnya di bagian luar kendaraan guna memandu fungsi parkir, autopilot, dan swakemudi. Sebagian di antaranya juga memiliki kamera interior di atas kaca spion.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini