Tarik atau Tidak? Militer di Bawah Biden Galau Beneran Sikapi Pasukannya di Afghanistan

Tarik atau Tidak? Militer di Bawah Biden Galau Beneran Sikapi Pasukannya di Afghanistan Kredit Foto: AP Photo/Lolita Baldor

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden sejauh ini belum membuat keputusan akhir tentang penarikan pasukan AS dari Afghanistan. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin.

Austin menuturkan, dia mengetahui bahwa ada spekulasi bahwa Biden telah membuat keputusan untuk mempertahankan pasukan AS di Afghanistan hingga November.

Baca Juga: Afghanistan Bisa Collaps Jika AS dan Negara Donor Lain Setop Bantuan

"Saya adalah orang yang cukup menonjol dalam diskusi itu biasanya dan sepengetahuan, saya Biden belum membuat keputusan atau membuat pengumuman tentang kapan dia akan memutuskan untuk menarik pasukan," ucapnya.

"Tidak ada keputusan tentang lama tinggal atau jumlah pasukan yang dibuat sampai saat ini," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (21/3/2021).

Sebelumnya, Taliban mendesak AS untuk menyelesaikan penarikan pasukannya dari Afghanistan pada 1 Mei sesuai kesepakatan tahun lalu.

Suhail Shaheen, anggota tim negosiasi Taliban pada pembicaraan di Moskow, mengatakan bahwa jika pasukan AS tinggal di Afghanistan melebihi batas waktu, mereka akan melanggar perjanjian yang dicapai Februari tahun lalu.

Sementara itu, Biden pada awal pekan ini mengatakan bahwa semua pasukan AS dapat meninggalkan Afghanistan pada 1 Mei, tetapi itu "akan sulit".

Biden juga mengatakan bahwa keputusan akhir tentang penarikan pasukan belum dibuat dan Washington sedang berkonsultasi dengan sekutunya tentang masalah tersebut.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini