Apa Itu Decentralized Finance (DeFi)?

Apa Itu Decentralized Finance (DeFi)? Kredit Foto: Unsplash/Stanislaw Zarychta

Cryptocurrency menjanjikan seseorang untuk menghasilkan uang dan pembayaran yang dapat diakses secara universal– oleh siapa saja, di mana pun mereka berada di semua belahan dunia. Program decentralized finance (DeFi) atau Open Finance membawa janji itu selangkah lebih maju.

Bayangkan alternatif keuangan global dan terbuka untuk setiap layanan keuangan yang Anda gunakan saat ini seperti tabungan, pinjaman, trading, asuransi, dan lainnya dapat diakses oleh siapa saja di dunia ini dengan smartphone dan koneksi internet.

Baca Juga: Siap Banget, Provinsi di Negara Ini Rintis Perusahaan Penambang Cryptocurrency

Sekarang, hal ini dapat diwujudkan pada penggunaan blockchain kontrak pintar, seperti Ethereum. "Kontrak pintar" adalah program yang berjalan di blockchain yang dapat dijalankan secara otomatis ketika suatu kondisi tertentu dapat terpenuhi. Kontrak pintar ini memungkinkan pengembang untuk membangun fungsionalitas yang jauh lebih canggih daripada hanya sekadar mengirim dan menerima cryptocurrency. Program-program ini sekarang kita sebut decentralized application, atau dApps.

Anda dapat menganggap dApp sebagai aplikasi yang dibangun di atas teknologi dengan sistem yang terdesentralisasi, daripada dibangun dan dikendalikan oleh satu entitas atau perusahaan secara terpusat.  Sementara beberapa dari konsep ini mungkin akan terdengar futuristik, seperti pinjaman otomatis yang dapat dinegosiasikan langsung antara dua orang asing di berbagai belahan dunia, tanpa bank sebagai mediatornya. Hal itu membuktikan bahwa sudah banyak dari dapps yang dipergunakan hingga hari ini. Ada dapps DeFi yang memungkinkan Anda membuat stablecoin (cryptocurrency yang nilainya dipatok ke dolar AS), meminjamkan uang dan mendapatkan bunga atas crypto Anda, mengambil pinjaman, menukar satu aset dengan yang lain, membeli aset jangka panjang atau pendek, dan menerapkan strategi investasi otomatis dan canggih.

Mari Mengenal Apa Itu Decentralized Finance

Decentralized finance (DeFi) adalah tentang sistem moneter yang menggunakan blockchain publik. Ini adalah sistem moneter baru dan karenanya merupakan salah satu topik yang hangat di kalangan industrialis, dan pakar blockchain.

Intinya, istilah “publik” sangat penting di sini. Ini bisa disamakan dengan yang ada pada blockchain publik Ethereum. Di blockchain publik, tidak ada tempat bagi otoritas terpusat untuk mengatur sistem keuangan ini.

Kebutuhan akan DeFi berasal dari fakta bahwa layanan keuangan tidak tersedia untuk semua orang di seluruh dunia. Hampir 1,7 miliar orang di seluruh dunia tidak memiliki sarana dan akses ke layanan keuangan. Lembaga keuangan juga tidak dapat menyediakan infrastruktur yang diperlukan untuk membuat orang lebih banyak mengakses layanan tersebut. Infrastruktur yang ada sangat besar, tetapi kurang dalam menjangkau semua orang di luar sana.

Dengan jaringan yang ter-desentralisasi ini, segala kegagalan infrastruktur saat ini dapat diatasi. Ini dapat menghilangkan titik kegagalan serta memastikan bahwa semua pencatatan dapat disimpan dan dibagikan diberbagai node di seluruh jaringan. Sistem ini dapat bekerja pada jaringan peer-to-peer tanpa otoritas terpusat.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini