Kunker Ketum IJB-Net: Dibuka dengan Kunjungi Green Power Development of Japan

Kunker Ketum IJB-Net: Dibuka dengan Kunjungi Green Power Development of Japan Kredit Foto: IJb-Net

Pasca menyelesaikan program isolasi mandiri (isoman) terkait kedatangan di Jepang pada tanggal 7 Maret 2021 lalu, Ketua Umum Indonesia Japan Business Network (IJB-Net), Suyoto Rais, langsung bergerak dengan melakukan serangkaian kegiatan. Isoman dilalui oleh Ketum selama 15 hari sejak kedatangan di Jepang. Isoman berlaku untuk semua WNA yang baru tiba di Jepang saat pandemi Covid-19.

Kegiatan pertama Ketum IJb-Net pada tanggal 22 Maret 202 adalah melakukan meeting dengan Green Power Development of Japan yang akan berinvestasi di Indonesia untuk mengolah kelapa menjadi bioenergi. Untuk feasibility study-nya pun sudah dilakukan oleh IJB-Net beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Lewat Virtual, Jaksa Agung ST Burhanuddin Kunker ke Kejaksaan Seluruh Indonesia

Selajutnya, Ketum IJb-Net melakukan meeting dengan para kandidat pengurus IJB-Net Jepang di Shinjuku, Tokyo. Hadir dalam kegiatan ini, yakni Nakamura, Hironiwa, Ketum IJB-Net, Okada, Kakinuma, dan Aso. Sementara, pengurus lainnya mengikuti via Zoom: Yoshitsugu serta Shiratsuchi.

Setelah melakukan kegiatan tersebut, Ketum IJb-Net pun melakukan meeting dengan ketua IJB-Net Jepang, Profesor Bambang Rudyanto, yang tidak bisa mengikuti meeting sebelumnya. Selain Prof. Bambang, hadir pula dalam meeting ini dua junior Prof. Bambang, yaitu Aso dan Kakinuma yang pada meeting sebelumnya juga ikut hadir bersama calon pengurus yang lain.

Meeting mengerucut untuk mulai mengaktifkan sekretariat Tokyo yang berpusat di Bambang Laboratory, Wako University. Promosi biomasa, produk halal dan lainnya, juga kolaborasi bisnis kedua negara akan segera dimulai di kedua sekretariat baik di Indonesia juga di Jepang.

"Di Indonesia, kita melakukan berbagai promosi tentang Jepang ke publik Indonesia dan pihak-pihak yang berkepentingan. Sebaliknya, di Jepang kawan-kawan pengurus Jepang akan banyak melalukan berbagai promosi tentang Indonesia. Step-by-step, visi dan misi IJB-Net akan mulai terwujud dari sini," jelas Suyoto Rais dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Terakhir, kegiatan pada hari itu ditutup dengan makan malam bersama dengan Hironiwa, CEO perusahaan di Tokyo, yang juga sudah siap-siap untuk berekspansi dan mencari mitra ke Indonesia. Acara ini sekaligus mengenang kebaikan Nakamura yang telah berpulang Januari silam.

Seluruh kegiatan ini adalah bagian dari perjalanan dan kunjungan kerja Ketum IJB-Net untuk memastikan beberapa kegiatan yang sudah dirancang di Tanah Air, juga membuka peluang langsung dengan para pengambil keputusan di Jepang. Detailnya akan dilaporkan setelah Ketum pulang ke Tanah Air, termasuk mengumumkan pengurus IJB-Net dan aktivitas lainnya, baik di Indonesia maupun di Jepang.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini