Para Kyai di Kediri Ikut Disuntik Vaksin AstraZeneca

Para Kyai di Kediri Ikut Disuntik Vaksin AstraZeneca Kredit Foto: Reuters

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meninjau secara langsung vaksinasi COVID-19 dengan menggunakan vaksin AstraZeneca untuk para pengasuh serta santri di Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur.

"Kami terimakasih karena teman-teman di Lirboyo Kediri, Pak Kiai, sudah berkenan untuk warganya dengan vaksin AstraZeneca," katanya saat di PP Lirboyo Kota Kediri, Selasa.

Ia menyebut jika vaksinasi terlambat, sehari jumlah orang yang meninggal dunia bisa 300 orang, sebulan bisa 9 ribu orang, dan jika terlambat satu tahun bisa 108 ribu orang meninggal dunia.

"Itu sebabnya kita harus cepat vaksinasi. Penerimaan masyarakat contohnya para kiai, ulama sangat penting. Tidak mungkin berhasil tanpa didukung semua komponen masyarakat," kata dia.

Dalam kegiatan itu, ada sekitar 200 orang yang terdiri dari pengasuh serta santri PP Lirboyo Kota Kediri. Mereka antre diberi vaksin oleh petugas medis.

Juru Bicara Pondok Pesantren Lirboyo Kediri Kiai Oing Abdul Muid mengatakan jumlah 200 tersebut merupakan gelombang pertama dari sekitar 20 ribu yang akan divaksinasi.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini