7 Negara Ini Mau Rilis Uang Digital Nasional, Ikuti Jejak China!

7 Negara Ini Mau Rilis Uang Digital Nasional, Ikuti Jejak China! Kredit Foto: Reuters

Sejumlah negara di dunia mulai mengembangkan mata uang digital nasional (Central Bank Digital Currency/CBDC). Bahkan, sudah ada negara yang menguji coba CBDC sebagai alat pembayaran di sejumlah kota.

Salah satu yang paling terdepan ialah yuan digital, CBDC yang telah China kembangkan dalam beberapa waktu. China telah membagikan yuan digital kepada warga di beberapa kota; hasilnya, jutaan transaksi telah mereka proses.

Selain China, sejumlah negara lain juga tengah berupaya menciptakan mata uang digital nasional keluaran bank sentral masing-masing. Negara mana saja? Melansir berbagai sumber, Rabu (24/3/2021), berikut ini rinciannya!

Baca Juga: Di Tengah Isu Larangan Bitcoin dkk di India, Miliarder Ini Malah 100% Dukung Kripto

1. Swedia

Melansir situs resmi Bank Nasional Swedia (Sveriges Riksbank), negara ni memulai proyek pengembangan CBDC bernama e-krona (krona digital) sejak musim semi 2017. Lewat krona digital, masyarakat umum akan memperoleh akses uang tunai digital dengan negara sebagai penjamin.

Untuk saat ini, Bank Nasional Swedia hanya menawarkan uang digital kepada bank dan peserta RIX. Sementara uang digital yang bererdar di masyarakat merupakan terbitan pihak swasta.

Pihak Riksbank Swedia telah mengajukan proposal kepada parlemen setempat untuk meninjau kebutuhan terhadap krona digital bersama dengan ahli, pelaku pasar pembayaran, lembaga terkait, dan masyarakat umum.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini