Riset: 7 dari 10 Penjual di E-Commerce Ini Catat Kenaikan Rerata Penjualan 133% di Tengah Pandemi

Riset: 7 dari 10 Penjual di E-Commerce Ini Catat Kenaikan Rerata Penjualan 133% di Tengah Pandemi Kredit Foto: Tokopedia

Digitalisasi UMKM memantik transformasi digital di berbagai sektor, apalagi di tengah pandemi seperti saat ini. Bahkan, digitalisasi UMKM itu meningkatkan penjualan pelaku usaha secara daring.

Berdasarkan riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) bersama Tokopedia, 7 dari 10 pelaku usaha Tokopedia mengalami kenaikan volume penjualan dengan rerata 133%.

"3 provinsi dengan peningkatan penjualan  tertinggi di Tokopedia NTB (144,6%), Sulawesi Tengah (73,4%), dan Sulawesi Selatan (73,3%)," begitulah bunyi riset berjudul 'Bertahan, Bangkit, dan Tumbuhnya UMKM di Tengah Pandemi melalui Adopsi Digital' itu.

Baca Juga: Bitcoin Makin Tokcer, Naik Hampir 5%! Gegara Tweet Miliarder Elon Musk Nih

Baca Juga: Beli Mobil Tesla Bisa Pakai Bitcoin, Disetujui Sama Miliarder Ini!

Sementara itu, 3 provinsi dengan peningkatan jumlah pelaku usaha tertinggi di Tokopedia selama pandemi adalah Bali (66,2%), Yogyakarta (42,2%) dan DKI Jakarta (28,3%). 

Pada Rabu (24/3/2021), Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni mengungkapkan, "Pandemi telah mempercepat transformasi digital di berbagai sektor. Digitalisasi dan teknologi bukan lagi sekadar nilai tambah, tetapi telah berkembang pesat menjadi sebuah kebutuhan untuk menjawab tantangan pandemi."

Kepala LPEM FEB UI, Riatu Mariatul Qibthiyyah menyebut, 68,6% penjual yang bergabung dengan Tokopedia saat pandemi merupakan pencari nafkah tunggal di keluarga. 76,4% penjual bergabung ke Tokopedia karena kemudahan mengelola bisnis. 

"Dari data internal Tokopedia, terdapat peningkatan jumlah penjual dari 7,2 juta sebelum pandemi Januari 2020 lalu menjadi lebih dari 10 juta penjual saat ini," ujar Astri.

Bali Alus merupakan salah satu pegiat usaha yang mengalami peningkatan penjualan di tengah pandemi karena digitalisasi menggunakan Tokopedia. “Sejak pandemi, 80% penjualan kami berasal dari Tokopedia. Kenaikan penjualan selama pandemi mencapai hampir 3x lipat dibanding periode sebelum pandemi,” kata Pemilik Bali Alus, Ni Kadek Eka Citrawati.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini