Merinding, Jet Siluman F-35 Kena Pelurunya Sendiri, Kerusakannya Gak Main-main

Merinding, Jet Siluman F-35 Kena Pelurunya Sendiri, Kerusakannya Gak Main-main Kredit Foto: US Air Force/Master Sgt. Donald R. Allen

Sebuah insiden blunder menyebabkan sebuah pesawat jet tempur siluman F-35B Korps Marinir Amerika Serikat (AS) rusak parah. Pesawat tempur itu terkena ledakan peluru yang ditembakkan dari meriamnya sendiri.

Insiden tersebut merupakan kecelakaan parah, namun pesawat masih berhasil mendarat dengan selamat dan tidak ada yang terluka.

Baca Juga: Miris! 2 Jet Tempur Taiwan Bertumbukan di Langit, Insiden Ketiga dalam Setahun

Mengutip laporan Military.com, Kamis (25/3/2021), insiden blunder itu terjadi 12 Maret. Peluru yang ditembakkan dari meriam pesawat tempur itu meledak sesaat setelah meninggalkan moncong meriam atau laras.

Pada saat itu, pesawat tempur generasi kelima itu melakukan misi dukungan udara jarak dekat pada malam hari di sebuah range di Pangkalan Udara Korps Marinir Yuma di Arizona.

Selama latihan meriam, peluru 25mm Semi-Armor Piercing High Explosive Incendiary-Tracer (SAPHEI-T) yang ditembakkan dari meriamnya meledak, menyebabkan kerusakan fragmentasi pada badan pesawat.

"Insiden ini diklasifikasikan sebagai kecelakaan Kelas A," kata Pusat Keamanan Angkatan Laut. "Kecelakaan Kelas A, yang paling parah dari empat klasifikasi kecelakaan pesawat, berarti setidaknya USD2,5 juta dalam kerusakan."

Pusat itu mengatakan meskipun pesawat tempur menderita kerusakan akibat ledakan peluru, ia mendarat dengan selamat.

"Kecelakaan itu tidak mengakibatkan cedera pada personel," kata juru bicara Korps Marinir Kapten Andrew Wood mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini