Bikin Statement Soal Xinjiang, Warganet China Murka dan Ganyang Nike

Bikin Statement Soal Xinjiang, Warganet China Murka dan Ganyang Nike Kredit Foto: Reuters/Thomas Peter

Kemarahan terhadap Nike Inc meletus di media sosial China pada Rabu (24/3/2021) malam setelah warganet China melihat pernyataan dari perusahaan raksasa produsen barang-barang olahraga itu yang mengatakan pihaknya "prihatin" dengan laporan kerja paksa di daerah Xinjiang.

Pihak Nike dalam pernyataannya menyampaikan bahwa mereka tidak menggunakan kapas dari daerah tersebut. Pada Kamis (25/3/2021), topik seputar pernyataan Nike itu termasuk di antara topik dengan tren tertinggi di Weibo, media sosial seperti Twitter di China, dan badai kritik di media sosial itu memiliki dampak yang lebih luas.

Baca Juga: Para Pakar Global Ramai-ramai Kasih Bukti China Mau Lenyapkan Minoritas Muslim di Xinjiang

ExTli24UYAEU50r?format=jpg&name=large

Aktor populer asal China Wang Yibo memutuskan kontraknya sebagai perwakilan Nike untuk menanggapi kritik media sosial atas pernyataan Nike soal Xinjiang, kata agensi yang menaungi Wang dalam sebuah pernyataan di Weibo, Kamis.

Tidak jelas kapan Nike mengeluarkan pernyataannya karena tidak tertera tanggalnya, dan Nike belum dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

"Kami prihatin dengan laporan kerja paksa di, dan terkait dengan, Daerah Otonomi Uyghur Xinjiang (XUAR)," kata Nike dalam pernyataan itu.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini