Mahasiswa Kedokteran Sekarang Sudah Tak Bisa Praktik di RS Lagi?

Mahasiswa Kedokteran Sekarang Sudah Tak Bisa Praktik di RS Lagi? Kredit Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Ari Fahrial Syam menyampaikan bahwa fakultas kedokteran masih dapat mengirimkan mahasiswanya praktik di rumah sakit. Ia mengatakan diperlukan keberanian bagi perguruan tinggi untuk mengirimkan mahasiswanya.

"Kalau untuk di kedokteran dan sebagian besar di ilmu kesehatan saya rasa ada proses pendidikan yang tidak bisa diwakilkan secara online, di situ perlu keberanian bila rumah sakit sudah bisa menerima mahasiswa," ujarnya dalam sebuah webinar, Kamis.

Namun, ia mengingatkan, keberaniannya mengirimkan mahasiswa praktik ke klinik atau rumah sakit harus didasari dengan kondisi setempat.

"Misalnya rumah sakit sudah membedakan pasien-pasien yang masuk kategori merah atau kuning, sehingga kita juga merasa aman ketika menempatkan mahasiswa kita di tempat kondisi tersebut," ucapnya.

Ia mengatakan, mahasiswa kedokteran tetap harus belajar melakukan pemeriksaan fisik seseorang walaupun dengan phantom atau makenin alat peraga kesehatan.

"Ya harus belajar, sudah melakukan pemeriksaan, bagaimana pemeriksaan fisik seseorang walaupun dengan phantom, ini butuh keberanian," katanya.

Untuk mahasiswa secara umum, Ari Fahrial Syam mengatakan, juga diperlukan sistem protokol kesehatan yang ketat saat melakukan pembelajaran secara offline.

"Yang penting komitmennya, artinya semua harus mendukung struktur sistem protokol kesehatan meski sudah divaksin. Dari A-Z itu harus dipikirkan semuanya," ucapnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini