Uni Eropa Sepakat Gandeng AS buat Hadapi Ancaman Rusia, Ini Alasannya

Uni Eropa Sepakat Gandeng AS buat Hadapi Ancaman Rusia, Ini Alasannya Kredit Foto: AP Photo/Alexander Zemlianichenko

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa (UE), Josep Borrell mengatakan pihaknya telah melakukan pembicaraan dengan Amerika Serikat (AS) untuk membahas ancaman Rusia. Dalam pembicaraan itu, Borrell menyebut, UE dan AS sepakat untuk mengkoordinasikan tindakan untuk melawan ancaman yang ditimbulkan Moskow.

"Kami setuju untuk mengoordinasikan upaya kami dalam menangani perilaku konfrontatif Rusia dan mendorong Rusia untuk meninggalkan jalur ini," kata Borrell saat melakukan konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri AS, Anthony Blinken.

Baca Juga: AS Paksa-paksa Buang Rudal S-400 Rusia, Begini Respons Turki...

"Kami terus siap untuk terlibat dengan Rusia dalam masalah kepentingan bersama," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (25/3/2021).

Borrell kemudian mengatakan, dia dan Blinken juga setuju untuk meluncurkan dialog untuk membentuk pendekatan terkoordinasi terhadap China.

"Kami setuju untuk meluncurkan dialog UE-AS tentang China sebagai forum untuk membahas berbagai tantangan dan peluang terkait," ujarnya.

"Kami memutuskan untuk melanjutkan pertemuan di tingkat pejabat senior dan pakar tentang topik seperti timbal balik, masalah ekonomi, ketahanan, HAM, keamanan, multilateralisme, dan bidang-bidang hubungan konstruktif dengan China, seperti perubahan iklim," jelas Borrell.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini