Sidang Offline Habib Rizieq Strategi Galang Kekuatan Massa: Pakar: Online Saja Mereka Berkerumun

Sidang Offline Habib Rizieq Strategi Galang Kekuatan Massa: Pakar: Online Saja Mereka Berkerumun Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Pakar hukum Petrus Selestinus menilai perbuatan eks Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab dan Munarman kuasa hukum yang membentak-bentah jaksa saat sidang telah merendahkan martabat peradilan. Menurutnya, Habib Rizieq bisa kena pidana.

"Bisa terancam pasal pidana baru," kata Petrus kepada wartawan Jumat 26 Maret 2021.

Baca Juga: Habib Rizieq Datang Langsung ke Pengadilan, Siap-Siapa Aja, Polri Sudah Nyusun Kekuatan!

Diketahui, majelis hakim melaksanakan sidang secara online untuk menghindari kerumunan massa pendukung Rizieq Shihab di sekitar gedung Pengadilan Negeri Jakarta Timur. 

Setelah beberapa kali persidangan, majelis hakim mengabulkan keinginan Rizieq untuk mengikuti sidang secara langsung.

Petrus menduga, keinginan Rizieq mengikuti sidang secara langsung bagian dari strategi mengumpulkan massa dan menggalang kekuatan. 

Menurutnya, massa pendukung Rizieq akan semakin berduyun-duyun ke Pengadilan Jakarta Timur pada sidang selanjutnya.

"Saat sidang online saja mereka datang berkerumun. 

Ini menjadi manuver politik, bukan pada soal menonton sidang tetapi bagian dari konsolidasi membangun soliditas kelompok," ujar Petrus.

Untuk menghindari kerumunan, Petrus menyarankan polisi agar membatasi pedukung Rizieq dari luar kota datang ke Jakarta. Andai terjadi kerumunan dan kekacauan oleh massa pendukung Rizieq di sekitar pengadilan, dia meminta majelis hakim kembali melaksanakan sidang online.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini