China Selangkah Lebih Maju, Yuan Digital Kini Tersedia di Bank-Bank Ini

China Selangkah Lebih Maju, Yuan Digital Kini Tersedia di Bank-Bank Ini Kredit Foto: Reuters

Setelah uji coba beberapa kali, kini sejumlah bank di Shanghai, China mulai menawarkan dompet yuan digital kepada individu dan perusahaan yang tertarik.

Melansir KrAsia, Jumat (26/3/2021), Bank Industri dan Komersial China, Bank Konstruksi China, dan Bank Komunikasi mengonfirmasi kabar itu; menyebut individu dan perusahaan swasta dapat mengajukan permohonan kepemilikan dompet yuan digital.

"Bank China, Bank Pertanian China, serta Bank Tabungan Pos China membuka layanan untuk individu," lapor The Paper.

Baca Juga: Waduh, Perusahaan di Negara Ini Perlu Lapor Kalau Investasi Aset Kripto

Baca Juga: Awkarin Beli Hotel di Usia 23, Sekali Unggah Foto di IG Saja Bisa Raup Rp170 Juta

Prosedur pendaftaran antara 1 bank dengan yang lainnya berbeda. Di Bank Komunikasi Shanghai, individu perlu mengisi data berupa nama, nomor telepon, dan sistem operasi seluler.

Laporan yang sama menyebut, "Bank itu akan mengecek KYC dengan Bank Sentral China, yang umumnya butuh waktu 1 atau 2 minggu."

Sementara itu, Bank Industri dan Komersial China menerima permohonan kepemilikan melalui kode QR yang bisa nasabah pindai.

"Kode QR berbasis lokasi, sehingga masyarakat yang tinggal di luar Shanghai masih belum punya akses," ujar karyawan Bank Industri dan Komersial China bermarga Gu.

Di sisi lain, perusahaan yang ingin membuka dompet yuan digital di Bank Komunikasi harus memiliki rekeningk bank korporasi di bank tersebut; sedangkan Bank Industri dan Komersial hanya meminta identitas dan izin usaha perusahaan.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini