Alasan Pemerintah Tak Izinkan Mudik 2021, Menkes Takut Varian dari Inggris

Alasan Pemerintah Tak Izinkan Mudik 2021, Menkes Takut Varian dari Inggris Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat rapat mengatakan bahwa setiap kali liburan selalu ada peningkatan kasus antara 30 hingga 50 persen baik dari kasus terkonfirmasi positif maupun kasus aktif COVID-19.

Bahkan dampak dari kenaikan kasus pada masa libur Natal dan tahun baru lalu, jumlah kasus aktif COVID-19 sampai saat ini masih terus meningkat.

Disebutkan total kasus aktif COVID-19 kini berjumlah 130 ribu dengan 80 persen di antaranya tidak ke rumah sakit, sedangkan 20 persen ke rumah sakit, 5 persen masuk ruang Intensive Care Unit (ICU) dan sekitar 2 persen meninggal.

Persoalan lain, menurut Budi, kebutuhan rumah sakit dari 130 ribu kasus aktif itu mencapai 26 ribu atau sekitar 20 persen dan apabila jumlah kasus aktif meningkat lagi maka dipastikan kebutuhan rumah sakit juga akan semakin banyak.

"Di seluruh dunia kita tahu dalam minggu-minggu terakhir (kasus aktif) naik kembali. Banyak teori mengenai ini tapi saya belum berani bilang yang pasti, tapi ini karena adanya varian terbaru yang dari London. Indonesia baru masuk di bulan Januari dan sampai saat ini kita belum tahu berapa persen, tapi baiknya kita antisipasi jangan sampai kejadian di kita (jumlah kasus naik lagi),” katanya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini