Selain Prabowo, Hanya Dua Tokoh Ini yang 'Cukup' Menjual di Gerindra, Siapa Mereka?

Selain Prabowo, Hanya Dua Tokoh Ini yang 'Cukup' Menjual di Gerindra, Siapa Mereka? Kredit Foto: Instagram/Prabowo Subianto

Analis Politik dari Universitas Paramadina, Jakarta, Hendri Satrio menyebut bahwa Ketua Umum (Ketum) sekaligus Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto menjadi tokoh sentral di Partai Gerindra. Kondisi ini sama seperti PDIP di mana, Ketumnya Megawati Soekarnoputri juga menjadi tokoh sentral.

“Parpol modern itu memang rata-rata tidak memiliki tokoh sentral, jadi siapa saja bisa menjadi ketua parpol. Maka sebenarnya ujian di PDIP dan Gerindra saat tokoh sentralnya menjadi sufi betulan, sehingga siapa saja bisa terpilih,” ujar Hendri dalam diskusi Polemik Trijaya yang bertajuk “Senjakala Regenerasi Parpol” yang disiarkan daring di kanal YouTube MNC Trijaya, Sabtu (26/3/2021).

Baca Juga: 'Dinamika Gerindra Terkontrol, Nuansanya Demokrasi Terpimpin'

Akibat ketokohan Prabowo yang begitu besar, kata pria yang akrab disapa Hensat itu, jika memang mau mencalonkan kembali sebagai presiden di 2024 mendatang maka mau tidak mau dilanjutkan.

“Di Gerindra mau enggak mau ya Prabowo, tadi Bang Kamrus (Kamrussamad) waktu offline (diskusi) memberikan hints hints (petunjuk), kalau masih ada Pak Prabowo dan Pak Prabowo mau terus yaudah,” tuturnya.

Tetapi, founder lembaga survei KedaiKOPI ini juga mempertanyakan seberapa besar keberanian Prabowo mengikuti jejak Megawati untuk menunjuk kadernya seperti Joko Widodo (Jokowi) untuk maju di pemilu presiden (pilpres).

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini