Pertamina Jelaskan Manfaat BBM Jenis RON dan CN, Ternyata Ada Kandungan Ini...

Pertamina Jelaskan Manfaat BBM Jenis RON dan CN, Ternyata Ada Kandungan Ini... Kredit Foto: Mochamad Ali Topan

Pertamina terus berkomitmen menyediakan energi hingga pelosok negeri. Selain itu, Pertamina juga terus mengembangkan kualitas bahan bakar mengikuti kebutuhan mesin modern dan aman bagi lingkungan. Deretan produk berkualitas yang ditawarkan adalah Perta Series untuk produk gasoline dan Dex Series untuk produk gasoil.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Putut Andriatno mengatakan, Perta Series menawarkan produk antara lain Pertalite dengan angka Research Octane Number (RON) 90, Pertamax RON 92, dan Pertamax Turbo dengan RON 98. Sedangkan Dex Series, ditawarkan Dexlite dengan Cetane Number (CN) 51 dan Pertamina Dex dengan CN 53.

"RON dan CN bisa digunakan sebagai acuan bagi masyarakat untuk kendaraannya, biasanya kebutuhan minimal RON atau CN yang sesuai spesifikasi mesin tercantum dalam buku panduan kendaraan. Sudah seharusnya penggunaan BBM disesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi kendaraan agar mesin optimal dan emisinya sesuai dengan batasan yang ditetapkan,” jelas Putut da pada Warta Ekonomi di Surabaya, Minggu (28/3/2021).

Baca Juga: Perusahaan Ini Ciptakan Kotak Vaksin Covid-19 Serba Canggih, Gunanya...

Putut menjelaskan, selain kandungan RON dan CN yang disesuaikan dengan spesifikasi mesin, Putut menambahkan bahwa produk Perta Series dan Dex Series juga dilengkapi dengan formula dan zat aditif. Fungsinya adalah untuk membersihkan endapan kotoran pada mesin, menjaga mesin dari pengkaratan, serta untuk efisiensi pemakaian bahan bakar. 

“Jadi selain memastukan proses pembakaran yang optimal, BBM berkualitas ini membantu menjaga kebersihan dan bagian-bagian mesin sehingga lebih awet. Mesin yang terawat dan dapat bekerja dengan optimal, mesin yang bekerja dengan baik dan pembakaran yang optimal akan berpengaruh langsung terhadap konsumsi bahan bakar, pemakaiannya akan lebih irit,” kata Putut.

Selain performa dan keandalan kendaraan, keuntungan menggunakan Perta Series dan Dex Series adalah emisi gas buang yang dihasikkan lebih ramah lingkungan. Emisi gas buang biasanya diukur dari kandungan sulfur dengan satuan parts per million (ppm), makin kecil kandungan sulfur dalam bahan bakar, maka makin rendah juga emisi gas buang yang dihasilkan.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini