Berkat Wabah MERS, Arab Saudi Dimudahkan Hadapi Covid-19 karena...

Berkat Wabah MERS, Arab Saudi Dimudahkan Hadapi Covid-19 karena... Kredit Foto: AP Photo

Sebuah studi menunjukkan bahwa pelajaran yang dipetik dari wabah penyakit Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS) memberi Arab Saudi wawasan berharga yang membantu pihak berwenang menanggapi wabah Covid-19. Ini juga membantu melindungi pekerja garis depan selama puncak pandemi.

Pada 2012, MERS, yang merupakan "kakak" dari Covid-19, pertama kali tercatat di Saudi dan menyebabkan ratusan kematian di seluruh dunia Arab.

Baca Juga: Perhatian, Arab Saudi Larang Aktivitas Bukber Selama Ramadan

Sebuah studi baru yang dilakukan antara 14 April hingga 24 April 2020, yang mengamati korban psikologis yang diderita oleh mereka yang berada di garis depan perang melawan virus Corona di Mesir dan Saudi, menemukan jauh lebih sedikit petugas kesehatan di Saudi yang menderita stres, depresi dan kecemasan daripada di Mesir.

Studi berjudul "Depresi, cemas, dan stres: Apa yang dialami petugas kesehatan di garis depan di Mesir dan Arab Saudi selama pandemi Covid-19?", Yang diterbitkan di Science Direct mencatat bahwa gangguan psikologis di antara petugas kesehatan di Mesir secara signifikan lebih buruk daripada di antara petugas kesehatan di Saudi.

“Temuan ini mungkin mencerminkan kekuatan sistem perawatan kesehatan di Saudi dibandingkan dengan Mesir. Selama dekade terakhir, pemerintah Saudi mengadopsi rencana jangka panjang untuk meningkatkan sistem perawatan kesehatan yang diterjemahkan dengan mengalokasikan sekitar 15 persen dari pengeluaran anggaran pemerintah untuk layanan kesehatan dan pembangunan sosial," bunyi studi tersebut.

"Rencana ini menghasilkan tanda-tanda kemajuan yang signifikan dalam sumber daya manusia dan keuangan perawatan kesehatan dan peningkatan mencolok dalam indikator kesehatan utama seperti harapan hidup dan ketersediaan sumber daya kesehatan," sambungnya, seperti dilansir Al Arabiya.

Selain itu, studi tersebut menemukan pengalaman Saudi dalam menangani penyakit MERS memberikan wawasan berharga yang membantu pihak berwenang menanggapi pandemi Covid-19.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini