Isyarat China Taklukkan Taiwan Makin Jelas, AS Makin Cemas: Mereka Menguji Batas...

Isyarat China Taklukkan Taiwan Makin Jelas, AS Makin Cemas: Mereka Menguji Batas... Kredit Foto: Reuters/Damir Sagolj

Pemerintah Amerika Serikat (AS) menjadi semakin waswas bahwa Beijing kemungkinan siap untuk mengambil lebih banyak risiko untuk menaklukkan Taiwan. Kekhawatiran Washington muncul ketika Presiden China Xi Jinping diperkirakan akan memulai masa jabatan periode ketiga.

"China tampaknya bergerak dari periode puas dengan status quo atas Taiwan ke periode di mana mereka lebih tidak sabar dan lebih siap untuk menguji batas dan menggoda gagasan penyatuan," kata seorang pejabat senior pemerintah AS yang tidak disebutkan namanya kepada Financial Times, yang dikutip Sputniknews, Senin (29/3/2021).

Baca Juga: Bersiaga Lawan China, Taiwan Produksi Massal Rudal Jarak Jauh

Menurut pejabat itu, pemerintah AS yang baru memantau perilaku Beijing selama dua bulan terakhir sebelum membuat kesimpulan seperti itu.

Pejabat itu mengatakan bahwa pemerintahan Joe Biden prihatin bahwa presiden China melihat kemajuan capstone di Taiwan sebagai hal yang penting untuk legitimasi dan legacy.

"Tampaknya dia siap mengambil lebih banyak risiko," kata pejabat itu.

Pejabat tinggi Gedung Putih untuk Asia, Kurt Campbell, juga mengatakan kepada Financial Times bahwa dibandingkan dengan area kebijakan lainnya, China adalah yang paling tegas dalam pendekatannya ke Taiwan.

“Kami tidak pernah melihat aktivitas yang lebih gigih dan pasti selain aktivitas militer, diplomatik, dan aktivitas lainnya yang diarahkan ke Taiwan,” katanya.

Taiwan, di sisi lain, tampaknya tidak berbagi kekhawatiran, karena seorang pejabat senior Taiwan mengatakan tidak ada tanda-tanda serangan dalam waktu dekat.

Laporan kekhawatiran Amerika itu muncul di tengah hubungan yang terus tegang antara Washington dan Beijing setelah pembicaraan langsung tingkat tinggi pertama antara AS di bawah pemerintahan Biden dengan pejabat China di Alaska.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini