Kisah Orang Terkaya: George Soros, Investor Kakap yang 'Merusak' Bank Inggris

Kisah Orang Terkaya: George Soros, Investor Kakap yang 'Merusak' Bank Inggris Kredit Foto: REUTERS/Yuri Gripas

Salah satu orang terkaya, George Soros memiliki kekayaan bersih USD8,6 miliar (Rp124 triliun). Soros merupakan pendiri dan ketua Soros Fund Management LLC. Dia berada di peringkat 56 orang terkaya di Amerika oleh Forbes dan orang terkaya ke-162 secara global.

Soros mengumpulkan kekayaannya sebagai salah satu spekulan terbesar dunia di pasar keuangan global. Taruhannya yang terkenal melawan pound Inggris pada tahun 1992 menghasilkan keuntungan lebih dari USD1 miliar dan memberinya gelar "orang yang merusak Bank of England".

Quantum Fund miliknya menghasilkan pengembalian tahunan 35% selama 25 tahun. Selain itu, kegiatan filantropisnya telah menuai banyak pujian, sementara pernyataan politiknya memicu banyak kontroversi.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Aliko Dangote, Pengusaha Muslim yang Jadi Orang Terkaya di Afrika

George Soros lahir di Budapest, Hongaria, pada 12 Agustus 1930. Nama belakang kelahiran Yahudinya adalah Schwartz. Ayahnya mengubah nama belakangnya menjadi Soros pada tahun 1936 untuk menghindari potensi masalah dengan agama mereka. Ayah George Soros, Tivadar, adalah seorang tahanan Perang Dunia I selama Revolusi Rusia, yang berhasil melarikan diri dari Rusia untuk bergabung kembali dengan keluarganya di Budapest.

Dahulu, Soros mengalami penganiayaan yang meningkat terhadap orang-orang Yahudi Hongaria selama pendudukan Nazi. Dia membantu ayahnya memalsukan ribuan dokumen untuk membantu rekan senegaranya melarikan diri dari Hongaria selama Holocaust.

Keluarga itu pun secara teratur pergi ke masa persembunyian, terkadang secara terpisah. Soros mengasah keterampilan bertahan hidupnya selama masa-masa ini.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini