Pemadaman Kebakaran Tangki di Kilang Balongan Pertamina Butuh Waktu 5 Hari

Pemadaman Kebakaran Tangki di Kilang Balongan Pertamina Butuh Waktu 5 Hari Kredit Foto: Antara/Dedhez Anggara

PT. Pertamina memperkirakan pemadaman kebakaran tangki T-301G di Kilang Pertamina Balongan akan berlangsung selama 5 hari.

Seperti diketahui kebakaran pada T-301G terjadi pada dini hari tadi, mulai sekitar pukul 00.45 WIB. Pertamina terus mengupayakan pemadaman insiden kebakaran tangki kilang Balongan oleh tim HSSE Kilang Pertamina Balongan bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Indramayu.

Baca Juga: Kilang Balongan Terbakar, Pertamina Pastikan Pasokan BBM ke Jakarta Aman

Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina, Mulyono mengatakan, tidak ada masalah dengan kilang Balongan, hanya normal shutdown. "Sambil menunggu pemadaman kira-kira mungkin 4-5 mudah-mudahan bisa normal," ujarnya dalam konferensi pers, Senin (29/3/2021).

Adapun kehilangan produksi dari Kilang Balongan akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai 400.000 barel. Pemenuhan kebutuhan BBM akan disuplai dari Kilang Cilacap dan Kilang TPPI.

"Begitu kebakaran bisa ditangani, nanti kilang bisa beroperasi lagi. Jadi tidak ada masalah dengan kilang," kata Mulyono.

Pertamina juga memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) secara nasional aman. Ketahanan pasokan BBM dan Avtur sangat memadai di kisaran 20 hingga 74 hari ke depan. Berdasarkan data saat ini, pasokan gasoline (bensin) secara nasional sebesar 10,5 juta barel, Gasoil (Solar) 8,8 juta barel dan Avtur 3,2 juta barel.

Baca Juga: Sebelum Terbakar Ternyata Kilang Balongan Digadang-gadang Jadi Kilang Terbaik di Asia pada 2025

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, Pertamina akan memastikan pasokan BBM tetap aman, karena pola supply yang telah diterapkan telah mengantisipasi adanya skenario emergency.

"Kami akan mengoptimalkan produk dari kilang lain, sehingga tidak ada kendala di dalam supply BBM. Karena sebetulnya processing plant yang utama tidak terdampak. Kebakaran hanya di daerah tangki saja. Kilang akan bisa segera dioperasikan kembali ketika sudah melakukan pemadaman," jelasnya.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini