Bill Gates Terlibat dalam Proyek Meredupkan Matahari, Gila! Dampaknya Gak Main-main!

Bill Gates Terlibat dalam Proyek Meredupkan Matahari, Gila! Dampaknya Gak Main-main! Kredit Foto: Instagram/Bill Gates

Miliarder Bill Gates sang pendiri Microsoft tengah gencar menyuarakan upaya-upaya demi mencegah dampak berbahaya dari perubahan iklim. Salah satunya adalah dunia harus makan daging sapi sintetis, dan terbaru, Gates sangat tertarik untuk meredupkan cahata matahari.

Dilansir dari Interesting Engineering di Jakarta, Selasa (30/3/21) diungkap bahwa meredupkan cahaya matahari dapat mengurangi atau menunda efek perubahan iklim. Hal tersebut diungkap oleh studi yang akan datang dari Program Penelitian Geoengineering Surya Universitas Harvard yang didukung Bill Gates.

Baca Juga: Gencar Lawan Perubahan Iklim, Ternyata Hal-hal Ini Sudah Dilakukan Bill Gates!

Studi tersebuy bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan memblokir sinar matahari dari mencapai permukaan planet bumi.

Bill Gates mendukung penelitian yang membuat partikulat halus untuk memantulkan sinar matahari. Geoengineering umumnya mengacu pada teknologi yang mampu mengubah kualitas fisik bumi pada skala yang paling besar.

Misalnya, penyemaian awan melibatkan pesawat yang membuang materi partikulat untuk mengubahnya menjadi hujan. Ada juga penangkapan karbon yang mengumpulkan dan menyimpan emisi di bawah permukaan bumi. Namun, meredupkan matahari menjadi versi paling ekstrim untuk melihat pertimbangan ilmiah yang serius.

Baru-baru ini, Akademi Ilmu Pengetahuan, Teknik, dan Kedokteran Nasional (NASEM) merilis laporan yang mendorong pemerintah AS untuk menghabiskan setidaknya USD100 juta (Rp1,4 miliar) dalam mengejar studi geoengineering yang lebih dalam.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini