Kisah Orang Terkaya: Zong Qinghou, Pengusaha China Berharta Rp125 T yang Hobi Pakai Baju Murah

Kisah Orang Terkaya: Zong Qinghou, Pengusaha China Berharta Rp125 T yang Hobi Pakai Baju Murah Kredit Foto: Getty Images/Visual China Group

Salah satu orang terkaya di China, Zong Qinghou adalah pebisnis dan wirausahawan terkenal karena mendirikan dan memimpin Hangzhou Wahaha Group. Perusahaan tersebut merupakan salah satu perusahaan terbesar di China. Dia juga memegang gelar sebagai salah satu orang terkaya di China dengan perkiraan kekayaan pribadi sebesar USD8,7 miliar atau setara dengan Rp125 triliun. (kurs Rp14.481/USD)

Kebangkitannya yang luar biasa dari kemiskinan telah membuatnya dinobatkan sebagai salah satu pengusaha paling menonjol.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: George Soros, Investor Kakap yang 'Merusak' Bank Inggris

Zong adalah penduduk asli Zhejiang, dan hanya mengenyam sedikit pendidikan formal. Setelah lulus dari sekolah menengah, Zong bekerja di pertanian garam Zhoushan. Dia kembali ke rumah pada 1979 setelah ibunya pensiun dari profesi sebagai seorang guru.

Dia akhirnya kembali ke Hangzhou, dan hanya mendapatkan pekerjaan kasar di sekolah lokal karena rendahnya tingkat pendidikan. Pada tahun 1987, dia menargetkan toko bahan makanan mini di sebuah sekolah di Distrik Shangcheng, Hangzhou, yang menjual susu.

Zong mengepalai embrio bisnis Wahaha yang mendistribusikan minuman ringan bersoda, es, dan alat tulis. Bersama dengan dua pensiunan guru sekolah, ia meminjam sejumlah uang untuk mulai memproduksi minuman susu untuk didistribusikan.

Dia memperoleh kemerdekaan dari mitra pemerintah awal dengan menekankan hubungannya dengan Danone. Dengan gaya otokratis dan etos workaholic, ia membangun Wahaha menjadi produsen minuman terbesar di Republik Rakyat Cina.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini