Moeldoko Kaitkan Radikalisme di Demokrat, Jawaban AHY Menohok

Moeldoko Kaitkan Radikalisme di Demokrat, Jawaban AHY Menohok Kredit Foto: Viva

Ketua Umum Partai Demokrat Kongres 2020, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), membantah tudingan Moeldoko mengenai pertentangan ideologis di Demokrat. AHY menegaskan di Demokrat hanya ada satu ideologis yang tak bisa ditawar yaitu Pancasila.

"Terkait tudingan KSP Moeldoko bahwa ada tarikan ideologis di tubuh Partai Demokrat. Kami tegaskan ideologi Partai Demokrat adalah Pancasila. Partai Demokrat juga menjunjung tinggi kebhinekaan atau pluralisme. Ini sudah final. Harga mati, dan tidak bisa ditawar-tawar lagi," kata AHY dalam konferensi pers virtualnya, Senin 29 Maret 2021

AHY meminta Moeldoko menjelaskan maksud pernyataan soal tarikan ideologis di Demokrat. Jika memang yang dimaksud Moeldoko adalah masalah radikalisme, AHY menegaskan tak ada ruang untuk itu di Demokrat.

Baca Juga: Dibantu Pasukan Bambang Widjojanto, Demokrat Siap Bungkam Jhoni Allen Cs di Pengadilan

"Sekali lagi, KSP Moeldoko harus menjelaskan apa yang dimaksud dengan tarikan ideologis di Demokrat. Jika yang KSP Moeldoko maksudkan adalah masalah radikalisme, justru Demokrat, dengan asas nasionalis-religius, menolak ideologi radikal tumbuh-berkembang di Indonesia," ujar AHY

Partai Demokrat, kata AHY, juga konsisten menolak eksploitasi politik identitas. Hal ini termasuk upaya membenturkan antara Pancasila dengan agama tertentu. Sebab itu, semua hanya akan memecah belah bangsa.

"Gubernur Aceh dan Gubernur Papua, yang merupakan kader utama Partai Demokrat, menjadi contoh konkret, bagaimana implementasi Pancasila dan kebhinekaan dalam organisasi Partai Demokrat," ujarnya

Menurut dia, KSP Moeldoko harus bertanggung jawab atas pernyataannya. Sebab, pernyataan KSP Moeldoko ini menyakiti perasaan para penggagas dan pendiri, serta seluruh kader Demokrat.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini