Kapal Kargo yang Nyangkut Sukses Keluar dari Terusan Suez, Eropa hingga Arab Lega

Kapal Kargo yang Nyangkut Sukses Keluar dari Terusan Suez, Eropa hingga Arab Lega Kredit Foto: Getty Images

Kapal kontainer raksasa Evergreen telah berhasil mengapung lagi di Terusan Suez, setelah sejak akhir pekan lalu nyangkut secara horizintal di kanal tersebut. Pemilih kapal Ever Given itu pun berterima kasih kepada otoritas setempat.

Dilansir dari Egypt Today, Selasa 30 Maret 2021, lepasnya kapal tersebut kembali ke perairan pun disambut baik seluruh dunia. Otoritas Uni Eropa hingga para negara Liga Arab mengucapkan selamat atas kinerja Otoritas Terusan Suez (SCA) yang berhasil melakukan evakuasi.

Baca Juga: Terusan Suez Hampir Pulih, Kapal Kargo Berukuran 400 Meter Bergerak Kembali

"Kami sangat berterima kasih kepada Otoritas Terusan Suez dan semua pihak terkait atas bantuan dan dukungan mereka melalui situasi yang sulit dan tidak menguntungkan ini," kata Evergreen Line dikutip dari pernyataanya.n

Otoritas Terusan Suez di Mesir sebelumnya menkonfirmasi bahwa pada senin waktu setempat, Evergreen telah berhasil diapungkan kembali. Namun, kapal ini tidak langsung berlayar, tapi dibawa menuju The Bitter Lakes untuk menjalani pemeriksaan.

Penasihat kepresidenan Mohab Mamish mengatakan, SCA dan otoritas pelabuhan laut setempat mengatakan pada Extra News bahwa pemeriksaan meliputi bagaimana kemampuan kontainer raksasa itu untuk bernavigasi saat berlayar.

Sementara itu, lalu lintas Terusan Suez saat ini sudah berangsur pulih. Kapal-kapal yang ingin menyeberang perlahan-lahan sudah diberikan izin melintas.

“Mabrouk (selamat) untuk Mesir dan dunia atas keberhasilan mengapung kapal kontainer yang memblokir Terusan Suez,” ungkap Duta Besar Uni Eropa untuk Mesir Christian Berger.

Selain itu, Duta Besar Oman untuk Mesir Abdullah bin Nasser dalam unggahan di Twitternya juga memberikan selamat atas penanganan kapal tersebut. Sebab, mandeknya terusan tersebut mengancam ekonomi dunia jika tidak ditangani secara cepat.

"Upaya besar yang dilakukan oleh Pemerintah dan rakyat Mesir membungkam keraguan tentang kemampuan untuk mengakhiri krisis pada saat ini," tulisnya.

Sementara itu, Arab Saudi, memuji efisiensi dan dedikasi Mesir untuk memulihkan lalu lintas laut internasional menjadi normal. Kepemimpinan Presiden Abdel Fattah El-Sisi di Mesir pun dipuji atas upayanya dalam menangani insiden tersebut.

Akibat nyangkutnya kapal tersebut, Penyedia layanan Terusan Suez, Leth Agencies mengatakan, 43 kapal telah melanjutkan perjalanan mereka dari Great Bitter Lake ke selatan menuju Laut Merah, setelah Ever Given dibebaskan.

Sebelumnya, ada lebih dari 400 kapal menunggu masuk sejauh ini, termasuk kapal tanker minyak karena kapal telah memblokir kanal secara diagonal. Situasi saat ini juga disampaikan sudah kembali kondusif.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini