Nyesek Banget! Xi Jinping Bikin Kekayaan Miliarder China Ini Tergerus 40%!

Nyesek Banget! Xi Jinping Bikin Kekayaan Miliarder China Ini Tergerus 40%! Kredit Foto: Unsplash/Jeremy

Pendiri perusahaan rokok elektrik China RLX Technology, Kate Wang harus merasakan kekayaannya tergerus lebih dari 40 persen dari USD6 miliar (Rp86 triliun) hingga hanya menjadi USD3,4 miliar (Rp49 triliun).

Hal ini karena harga saham RLX anjlok lebih dari 40 persen pada perdagangan saham. Padahal, pasar China sangat menjanjikan dan sempat membuat kekayaannya meroket. Tetapi kondisi berubah saat pemerintah China merilis aturan ketat perdagangan rokok elektrik.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Zong Qinghou, Pengusaha China Berharta Rp125 T yang Hobi Pakai Baju Murah

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Selasa (30/3/21) pemerintahan Xi Jinping melalui Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi bersama Lembaga Administrasi Monopoli Tembakau China, telah merilis secara online rencana revisi aturan perdagangan tembakau di China.

Dalam klausus akan ditambahkan bahwa rokok elektrik sebagai bagian dari produk tembakau. Aturan ini pun memperketat pengawasan terhadap industri yang sedang berkembang ini.

Aturan baru ini tak hanya merugikan Wang. Tergerusnya harga saham RLX juga membuat kekayaan pendiri RLX lainnya ikut merosot.

Salah satunya adalah David Jiang yang merupakan satu dari tujuh pendiri perusahaan ini mengalami penurunan kekayaan dari USD2,8 miliar (Rp40 triliun) menjadi USD1,6 miliar (Rp23 triliun).

Sama halnya dengan Yilong Wen, kekayaannya turun dari USD1,8 miliar (Rp26 triliun) menjadi USD1 miliar (Rp14,4 triliun).

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini