Peringati Hari Film Nasional, Harap Jokowi: Kemajuan Film Tanggung Jawab Semua

Peringati Hari Film Nasional, Harap Jokowi: Kemajuan Film Tanggung Jawab Semua Kredit Foto: Unsplash/ Annie Spratt

Presiden Joko Widodo turut memperingati Hari Film Nasional yang jatuh hari ini, Senin (30/3/2021). Hal tersebut disampaikan melalui unggahan akun Instagram resminya.

Orang nomor satu di Indonesia itu mengawali ungkapannya dengan mengenang sosok Usmar Ismail, sutradara film Darah & Doa, yang karyanya dianggap sebagai tonggak perfilman Tanah Air.

Baca Juga: Gokil Mainnya Level ASEAN! Film Horor Indonesia Ini Tayang Serentak di 5 Negara

View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

"Hari ini, tepat 100 tahun lampau, tokoh perfilman Indonesia Usmar Ismail lahir. Hari ini pula, pada 71 tahun lalu, untuk pertama kalinya sebuah film diproduksi oleh perusahaan Indonesia dan disutradarai oleh Usmar Ismail," tulis Jokowi.

30 Maret merupakan hari pertama pengambilan gambar film Darah & Doa yang kini diperingati sebagai Hari Film Nasional. Jokowi ingin bahwa sejarah itu tetap dikenang sebagai pengingat agar semangat dunia perfilman Tanah Air terus membara meski di tengah pandemi covid-19.

"Karena itulah, meski setahun ini Indonesia diselubungi suasana pandemi, kita tetap mengenang momentum kelahiran film Indonesia itu dan menjadikannya tonggak kebangkitan kembali film-film nasional," tulisnya.

Di akhir tulisannya, Jokowi menambahkan pesan mendalam pada rakyatnya. Yakni soal perfilman Tanah Air yang sejatinya adalah tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat.

"Keberadaan dan kemajuan perfilman Indonesia bukan hanya tanggung jawab para insan perfilman, tetapi menjadi tanggung jawab kita semua," ungkapnya.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini