“Brands Journey, From Zero to Hero”: Rahasia Umur Panjang Merek-Merek Pionir di Indonesia

“Brands Journey, From Zero to Hero”: Rahasia Umur Panjang Merek-Merek Pionir di Indonesia Kredit Foto: Dok. Panpel Webinar

Di Indonesia ada brand lokal lokal asli Indonesia yang berumur puluhan tahun dan tetap eksis hingga kini. Umurnya yang panjang menunjukkan betapa kuat sebuah brand lokal tersebut, dalam menghadapi setiap tantangan, dan bersaing dengan brand-brand asing yang menyerbu Indonesia. 

Salah satu brand itu seperti Bintang Toedjoe, brand yang hadir 1 tahun paska kemerdekaan Indonesia, tepatnya 1946 ini saat ini masih tetap eksis dengan produk-produknya, salah satunya Bejo Jahe Merah. Kesuksesan brand tersebut tidak lepas dari stategi perusahaan, salah satunya dalam membangum branding dan mengambil momentum.  Baca Juga: Erigo Store Mendunia, Ini Rahasia Muhammad Sadad Bawa Brand Lokal ke New York

“Bejo Jahe Merah hadir sejak tahun 2019, tapi baru booming sejak pandemi yang masuk ke Indonesia pada Maret 2020. Kami tahu itu momentum yang tepat, sehingga sejak awal tahun kami lakukan marketing secara besar-besaran sejak Januari 2020,” ujar Simon Jonatan, Presiden Direktur PT Bintang Toedjoe, peluncuran buku Brands Journey From Zero to Hero, secara virtual, Selasa (31/3/2021). 

Cerita selengkapnya perjalanan brand Bintang Toedjoe dapat ditemukan dalam Buku yang dihadirkan oleh Majalah MIX-Marketing Communication (SWA Group).  Buku “Brands Journey” menyajikan studi kasus dari 11 merek pionir, sekaligus living legend brand di Indonesia. Selain Bintang Toedjoe, ada 10 brand lainnya seperti Bank OCBC NISP, Bio Farma, Campina, Danone Indonesia (AQUA dan SGM), Kereta Api Indonesia (KAI), MY BABY, Panasonic, Sasa, Sharp, dan Telkomsel. 

Di dalam buku setebal 235 halaman ini, diuraikan tentang bagaimana lika-liku perusahaan menghadapi berbagai tantangan dalam membangun, mengelola, dan membesarkan brand masing-masing. Kisah mereka menunjukkan betapa kelincahan perusahaan dalam menghadapi dinamika pasar dan konsumen menjadi sangat penting dalam mencetak sebuah brand yang kuat.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini