Jabarjawara.id Pede Mampu Serap 38.500 Tenaga Kerja per Tahun

Jabarjawara.id Pede Mampu Serap 38.500 Tenaga Kerja per Tahun Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar mampu memenuhi kebutuhan industri. Salah satunya dengan meluncurkan platform jabarjawara.id yang mampu menyerap tenaga kerja sampai 38.500 tenaga kerja lulusan SMA/SMK setiap tahun.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat (Disnakertrans Jabar), Taufik Garsadi mengatakan adanya platform tersebut mampu meningkatkan kapasitas tenaga kerja serta menjadi penghubung dengan industri. Disnekertrans Jabar juga berkomitmen meningkatkan kapasitas dan keterampilan khususnya tenaga kerja muda. Hal ini harus dilakukan mengingat pesatnya perkembangan teknologi khususnya yang berbasis internet.  

Baca Juga: Telan Dana Rp5,5 Triliun, Peremajaan Sawit Rakyat Serap Banyak Tenaga Kerja

"Ini membuat pasar tenaga kerja harus terus berubah," katanya kepada wartawan di Bandung, Selasa (30/3/2021).

Menurutnya, platform jabarjawara.id ini bisa diakses oleh seluruh warga Jawa Barat tanpa terkecuali. Di dalam aplikasi tersebut pihaknya menyiapkan sejumlah pelatihan dan peningkatan keterampilan lainnya seperti seminar, sertifikasi, tes minat dan bakat, hingga informasi beasiswa.

"Ada tiga juta tes minat dan bakat secara gratis untuk masyarakat muda. Kami ingin warga muda tahu benar potensinya apa dan di mana," ujarnya.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini