Apa Itu Pengendalian Mutu?

Apa Itu Pengendalian Mutu? Kredit Foto: Ist

Pengendalian mutu adalah proses saat bisnis berusaha untuk memastikan bahwa kualitas produk dipertahankan atau ditingkatkan. Pengendalian mutu atau Quality Control (QC) mengharuskan bisnis untuk menciptakan lingkungan antara manajemen dan karyawan berusaha untuk mencapai kesempurnaan.

Pengendalian mutu dilakukan oleh personel pelatihan, membuat tolok ukur untuk kualitas produk dan menguji produk untuk memeriksa variasi yang signifikan secara statistik.

Baca Juga: Apa Itu Kebijakan Fiskal?

Aspek utama dari kendali mutu adalah penetapan kendali yang terdefinisi dengan baik. Kontrol ini membantu menstandarisasi produksi dan reaksi terhadap masalah kualitas.

Pengendalian mutu melibatkan pengujian unit dan menentukan apakah mereka berada dalam spesifikasi untuk produk akhir. Tujuan pengujian pengendalian mutu adalah untuk menentukan kebutuhan tindakan korektif dalam proses pembuatan. Pengendalian mutu yang baik membantu perusahaan memenuhi permintaan konsumen untuk produk yang lebih baik.

Pengujian kualitas melibatkan setiap langkah pada proses pembuatan. Karyawan sering kali memulai dengan pengujian bahan mentah, menarik sampel dari sepanjang jalur produksi, dan menguji produk yang sudah jadi. Pengujian di berbagai tahap produksi membantu mengidentifikasi di mana masalah produksi terjadi dan langkah perbaikan yang diperlukan untuk mencegahnya di masa mendatang.

Lebih lanjut, pengendalian mutu yang digunakan dalam bisnis sangat bergantung pada produk atau industri. Dalam pembuatan makanan dan obat, pengendalian mutu termasuk memastikan produk tidak membuat konsumen sakit, sehingga perusahaan melakukan pengujian kimia dan mikrobiologis terhadap sampel dari lini produksi.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini